Jakarta (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) untuk ke-21 kalinya menggelar UI Career Scholarship Expo pada 18-20 Februari 2016 di Balairung UI, Kampus Depok yang diikuti 63 perusahaan nasional maupun multinasional serta 12 lembaga pendonor beasiswa.

"Kegiatan ini dalam rangka memfasilitasi pertemuan pencari kerja dengan perusahaan, penyebarluasan informasi pasar kerja, dan memberikan informasi pendidikan pascasarjana bagi para lulusan UI maupun perguruan tinggi lainnya," kata Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Rifelly Dewi Astuti dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan salah satu tantangan dan permasalahan ketenagakerjaan saat ini adalah sistem perdagangan bebas dalam kerangka MEA yang mempengaruhi perpindahan manusia untuk bekerja dari suatu negara ke negara lain di mana suatu negara tidak dapat menolak masuknya tenaga kerja asing ke negaranya.

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, UI sebagai perguruan tinggi terbaik di negeri ini berkomitmen meningkatkan daya saing alumninya di tingkat global melalui pengajaran berkualitas, pengembangan sarana prasarana pendidikan, perluasan kolaborasi, dan kemitraan dalam bidang pendidikan, riset, dan iklim akademik yang dinamis tanpa batas," ujarnya.

Ia memperkirakan lebih dari 9.000 pengunjung yang terdiri atas "fresh graduate" (wisudawan/lulusan Februari 2016), alumni, mahasiswa tingkat akhir UI serta masyarakat umum diproyeksikan mengunjungi bursa kerja dan beasiswa ini.

"Rangkaian kegiatan di antaranya eksibisi, presentasi perusahaan maupun lembaga pendonor beasiswa, tes seleksi, dan wawancara serta seminar persiapan melanjutkan studi dan seminar karier. Sementara pada pelaksanaan UI Career Scholarship Expo ke-20 pada Oktober 2015 diikuti tidak kurang dari 12 ribu peserta," tuturnya.

UI Career Scholarship Expo merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Career Development Center (CDC) UI sebagai pusat pengembangan karier dan kualitas SDM di bawah Direktorat Hubungan Alumni UI. Selain itu, CDC UI juga menggelar kegiatan rutin lainnya seperti program persiapan karier, "softskill training" serta "tracer study".

Menurutnya, UI Career Scholarship Expo yang telah dilaksanakan sebanyak 21 kali selama 10 tahun berturut-turut merupakan bukti nyata bahwa UI memperhatikan pengembangan lulusannya baik yang akan memasuki dunia kerja maupun melanjutkan studi.

"CDC UI selaku pelaksana acara telah membuktikan diri sebagai pionir, kreator, dan inovator kegiatan yang meneliti dan menjembatani hubungan antara dunia pendidikan dan dunia kerja," ucap Rifelly.

Diharapkan, kata dia, dengan diselenggarakan UI Career Scholarship Expo ini dapat mendekatkan dunia pendidikan dan dunia usaha secara interaktif terkait dengan kebutuhan informasi ketenagakerjaan, dan mempersiapkan para alumni untuk memasuki dunia kerja maupun melanjutkan studi.

"Selain itu, memberikan informasi beasiswa yang ditawarkan oleh lembaga donor beasiswa maupun institusi pendidikan kepada lulusan yang akan melanjutkan studi," katanya.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016