Jakarta (ANTARA News) - Penasihat komunitas sepeda tua Indonesia (Kosti) Letnan Jenderal (Purn) Suyono mengatakan Indonesia merupakan gudang sepeda tua atau ontel.

Indonesia adalah gudangnya sepeda tua (ontel), katanya di sela-sela mengikuti parade sepeda tua nusantara di Jakarta, Minggu.

Menurut Suyono, banyaknya jumlah sepeda tua di Indonesia tidak terlepas dari sejarah masa lalu dimana Indonesia pernah dijajah bangsa Belanda.

Kala itu Belanda mengenalkan alat transportasi tersebut ke masyarakat Indonesia, bahkan Belanda mendatangkan sepeda dengan jumlah besar yang kemudian masih tersimpan di masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Apalagi bangsa Indonesia memang gemar bersepeda dan gemar pula mengoleksi sepeda hingga saat ini pula yang melahirkan organisasi Kosti, tambahnya.

Lahirnya Kosti memberikan arti yang berarti bagi mayarakat Indonesia, baik sarana berolahraga maupun sarana berkumpul dan bersilaturahmi,seperti kegiatan parade sepeda tua nusantara kali ini.

Kegiatan ini dalam rangkaian musyawarah nasional Kosti yang diikuti berbagai daerah di tanah air untuk membahas berbagai kemajuan Kosti kedepan.

Kegiatan yang berpusat di gedung juang 45 Menteng Jakarta juga dimeriahkan aneka kegiatan seperti hiburan, pameran sepeda ontel, dan peluncuran majalah bulanan Kosti.

Pewarta: Hasan Zainudin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016