Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan mendukung rencana Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengubah lapangan golf di Senayan menjadi hutan kota.

"Saya dukung rencana Kementerian Lingkungan Hidup mengubah lapangan golf di Senayan itu menjadi hutan kota, karena itu memang ruang terbuka hijau (RTH)," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok sehari-hari itu, di dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DKI Jakarta, lapangan golf yang berlokasi di kawasan Senayan itu memang merupakan RTH.

Selain lapangan golf di Senayan, dia juga mengusulkan agar lapangan golf yang ada di Kemayoran, Jakarta Pusat juga diubah pemanfaatannya menjadi hutan kota.

"Saat ini, kami juga sekaligus meminta lapangan golf di Kemayoran juga diubah menjadi hutan kota. Disitu memang statusnya lahan hijau. Jadi, sama seperti lapangan golf di Senayan," ujar Ahok.

Dia menuturkan peruntukan lapangan golf sebetulnya hampir mirip seperti Tempat Pemakaman Umum (TPU). Keduanya sama-sama termasuk RTH, hanya konsepnya saja yang berbeda.

Sementara itu, dia mengungkapkan saat ini di wilayah Jakarta sudah terdapat beberapa hutan kota, diantaranya di Srengseng Sawah dan Pondok Labu, namun kondisi penerangannya masih kurang.

"Memang saat ini kami sudah punya beberapa hutan kota. Meskipun demikian, kami masih terus melakukan pembelian lahan untuk dibangun taman dan hutan kota. Sehingga, Jakarta menjadi lebih hijau," ungkap Ahok.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016