Melbourne (ANTARA News) - Eksekusi penalti dari pencetak gol terbanyak Besart Berisha membawa juara Australia Melbourne Victory menang 2-1 atas klub Tiongkok Shanghai SIPG pada pertandingan Liga Champions AFC yang dimainkan pada Rabu.

Victory masih tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan kandang terakhirnya di Liga Champions AFC berkat gol Berisha dan gol pembukaan dari pemain baru Jai Ingham.

Pemain asal Albania Berisha memberikan operan kepada Kosta Barbarouses, yang dijatuhkan di tepi kotak penalti oleh Lu Wenjun untuk membuat Melbourne mendapat hadiah penalti pada menit ke-73.

Sebelum penalti tersebut, tim Liga Super Tiongkok yang dilatih oleh Sven-Goran Eriksson itu menyamakan kedudukan melalui Wu Lei pada menit ke-52, dan juga memiliki sejumlah peluang untuk mencetak gol.

Kiper Victory Danny Vukovic menggagalkan tembakan Wu dengan kakinya saat waktu normal tinggal menyisakan enam menit, sebelum pemain asal Argentian Dario Conca melepaskan sepakan voli yang gagal dibendung Vukovic namun masih membentur tiang gawang.

Shanghai SIPG mengeluarkan dana sebesar 18,5 juta euro untuk mendatangkan penyerang asal Brazil Elkeson dari Guangzhou Evergrande pada bulan lalu. Conca menjadi pemain dengan gaji terbesar ketiga di dunia, di bawah Cristiano Ronaldo asal Real Madrid dan bintang Barcelona Lionel Messi, ketika ia direkrut Guangzhou Evergrande pada 2011 sebelum bergabung dengan Shanghai SIPG setahun silam.

Melbourne Victory, yang memenangi gelar Liga Australia tahun lalu namun musim ini masih tertahan di peringkat kelima, belum pernah lolos dari fase grup dalam empat partisipasi sebelumnya di Liga Champions AFC.

Melbourne Victory akan menghadapi Gamba Osaka di Jepang pekan depan, di mana Shanghai SIPG berhadapan dengan tim Korea Selatan Suwon Samsung Bluewings pada putaran selanjutnya di Grup G. Demikian laporan AFP. 

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016