UnionPay International kerja sama dengan empat bank papan atas Thailand untuk membentuk sistem pertukaran kartu bank lokal

AsiaNet 63565

SHANGHAI, Tiongkok, 25 Februari 2016 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

Pada 24 Februari, UnionPay International, bersama dengan empat bank komersial papan atas Thailand, mengumumkan bahwa TPN (Thai Payment Network), jaringan pertukaran lokal Thailand berbasis standar teknis UnionPay, secara resmi mulai diluncurkan. Sebelumnya standar kartu IC UnionPay menjadi standar industri perbankan Thailand. Melalui kerja sama joint venture, saat ini UnionPay menawarkan standar teknis untuk membentuk suatu sistem pertukaran kartu bank. Chairman UnionPay untuk Tiongkok Ge Huayong, CEO Internasional UnionPay Cai Jianbo dan Chairman TPN Shoke Na Ranong menghadiri upacara peluncurannya. Buncha Manoonkunchai, Payment Systems Policy and Oversight Office Director Bank of Thailand, hadir dengan sambutan hangat.

Pada 2012, bank sentral Thailand menyatakann bahwa seluruh transaksi antar bank lokal yang dilakukan dengan kartu debit lokal harus diproses secara lokal. Selain itu, joint venture yang disebut dengan TPN didirikan pada September 2014. Thailand juga berencana untuk membuat sebuah kartu debit independen dengan merk TPN dan menerbitkan kartu UnionPay TPN, yang dapat digunakan dengan nyaman pada jaringan global UnionPay.

TPN adalah salah satu upaya sukses UnionPay dalam mengembangkan cara-cara baru untuk ekspansi ke pasar luar negeri dengan mengekspor standar teknisnya, dengan memanfaatkan kapabilitas teknologinya; UnionPay berpartisipasi dalam pembuatan infrastruktur pembayaran di pasar-pasar ini, mengintegrasikan teknologi, produk layanan dan pengaruh merknya.

Peluncuran TPN sangatlah penting: (i) ini merupakan terobosan yang dilakukan Tiongkok dalam mengekspor standar teknisnya dan UnionPay menjadi model percontohan bagi perusahaan-perusahaan Tiongkok untuk "Going Global"; (ii) kerja sama antara UnionPay dan industri perbankan Thailand telah mengalami peningkatan dari kerja sama kartu bank tradisional menjadi kerja sama standar teknis yang lebih mendalam, meletakkan dasar yang kuat bagi penerimaan berskala besar dan penerbitan kartu UnionPay di tingkat lokal; (iii) TPN akan membantu UnionPay membuat inovasi terhadap model ekspansi bisnis yang dapat direplikasi dan mempercepat tata letak bisnis globalnya.

Chairman Ge Huayong mengatakan, "Pembuatan jaringan pertukaran lokal adalah batu loncatan lainnya dari kerja sama finansial Tiongkok-Thailand. Kami akan memperkenalkan pengalaman kami kepada Thailand untuk mendukung pertumbuhan pasar pembayaran elektronik lokal, dan juga akan mempromosikan pembayaran kartu bank di lebih banyak bidang. Mendukung strategi 'the Belt and Road', kami akan berpartisipasi dalam pembuatan infrastruktur pembayaran dan peningkatan industri di pasar luar negeri dalam situasi yang lebih fleksibel."

Saat ini, kartu UnionPay diterima di hampir seluruh ATM dan sekitar 70% merchant di Thailand. Lebih dari 1 juta kartu UnionPay telah diterbitkan di Thailand dan angka ini terus mengalami peningkatan.

Untuk informasi lebih lanjut: http://www.unionpayintl.com/

Sumber: UnionPay International

Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar