Chicago (ANTARA News) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange diperdagangkan hampir tidak berubah pada Kamis (Jumat pagi WIB), setelah menguat tajam selama dua hari.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April turun 0,3 dolar AS atau 0,02 persen, menjadi menetap di 1.238,80 dolar AS per ounce.

Para pedagang memantau kenaikan Dow Jones Industrial Average AS dengan skeptisisme, dan meskipun faktanya indeks tersebut naik 156 poin atau 0,95 persen pada pukul 18.25 GMT.

Analis percaya bahwa para pedagang mengantisipasi gejolak ekonomi lebih lanjut karena ada tekanan lanjutan pada sektor energi AS dari penurunan harga minyak.

Emas mendapat beberapa dukungan ketika indeks dolar AS turun tipis 0,05 persen menjadi 97,38 pada pukul 18.25 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar naik maka emas berjangka akan jatuh karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Namun, logam mulia mendapat tekanan karena laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS pada Kamis menunjukkan pesanan barang tahan lama meningkat 4,9 persen pada Januari, lebih baik dari yang diharapkan.

Para analis mencatat bahwa banyak dari penguatan itu karena penjualan pesawat terbang, tapi sekalipun tidak termasuk pesanan untuk transportasi, pesanan barang tahan lama masih naik 1,8 persen.

Departemen Tenaga Kerja AS merilis laporan klaim pengangguran mingguannya pada Kamis, menunjukkan klaim pengangguran meningkat 10.000 menjadi 272.000, angka yang dicatat analis sedikit lebih tinggi, tetapi tetap dekat terendah dalam sejarah.

Hal itu menunjukkan penguatan di pasar pekerjaan berlanjut, pertanda baik bagi perekonomian AS dan "bearish" untuk emas.

Perak untuk pengiriman Maret turun 12,7 sen, atau 0,83 persen, menjadi ditutup pada 15,17 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April turun 16,7 dolar AS, atau 1,77 persen, menjadi ditutup pada 927,00 dolar AS per ounce.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016