Peta jalan dari pelaksaan SDGs pada tahun ini ialah salah satunya kami mendorong agar Perpres SDGs ini segera dibentuk,"
Bandung (ANTARA News) - Organisasi non pemerintah INFID (International NGO Forum on Indonesia Development) mendorong agar pemerintah segera menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustanainable Development Goals atau SDGs) 2016-2030.

"Peta jalan dari pelaksaan SDGs pada tahun ini ialah salah satunya kami mendorong agar Perpres SDGs ini segera dibentuk," kata Senior Program Officer INFID untuk SDG Hamong Santoso, disela-sela kegiatan Lokakarya Jurnalis "SDGs dalam Berita" yang diadakan oleh organisasi non-pemerintah internasional Save the Children, di Bandung, Minggu.

INFID, kata dia, juga mendorong pemerintah melakukan inisiatif strategis dengan melakukan sosialisasi SDGs di berbagai instansi pemerintahan, di tingkat pusat maupun daerah.

Menurut dia, sebagai dorongan bagi pemerintah terkait SDGs tersebut maka pihaknya juga meminta agar dibentuk Sekretariat SDGs dan rencana penyusunan rencana aksi SDGs.

"Sekretariat SDGs ini bisa dikatakan sebagai langkah kerja awal yang dapat memastikan kesetaraan antara parlemen, pemerintah, dan CSO dalam merumuskan kerangka kebijakan, kelembagaan, dan mekanisme akuntabilitas pencapaian tujuan dan target SDGs," kata dia.

Sementara itu, Advocacy Advisor Save the Children Ratan Hadikusumah menuturkan salah satu catatan penting SDGs adalah keikutsertaan masyarakat sipil dalam proses perumusan tujuan dan target agenda tersebut.

"Dan media memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi kepada publik, membangun opini dan juga memantau upaya implementasi SDGs. Untuk itu, Save the Children akan menyelenggarakan kegiatan lokakarya ini," kata dia.

Sustainable Development Goals atau SDGs adalah seperangkat program dan target yang ditujukan untuk pembangunan global di masa mendatang.

SDGs menggantikan program MDGs (Millennium Development Goals), sebuah program yang memiliki maksud dan tujuan yang sama yang akan kadaluarsa pada akhir tahun 2016 ini.

SDGs dibahas secara formal pada United Nations Conference on Sustainable Development yang dilangsungkan di Rio De Janiero, Juni 2012 (Rio+20).

Proposal SDGs yang telah diusulkan mengandung 17 tujuan dengan 169 target yang melingkupi hal-hal terkait isu pembangunan berkelanjutan atau sustainable development.

Isu-isu ini berupa penghapusan kemiskinan dan kelaparan, peningkatan kesehatan dan pendidikan, pemberdayaan kota yang berkelanjutan, perang melawan perubahan iklim, dan perlindungan laut dan kemaritiman.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016