Leonardo DiCaprio bahas perubahan iklim di Oscar

Leonardo DiCaprio bahas perubahan iklim di Oscar

Leonardo DiCaprio menerima Oscar untuk Aktor Terbaik di film "The Revenant" di Academy Awards ke-88 di Hollywood, California, Minggu (28/2/2016). (REUTERS/Mario Anzuoni )

Kita harus mendukung para pemimpin kita di seluruh dunia.. yang berbicara soal kemanusiaan, dan bukan yang fokus pada ketamakan
Jakarta (ANTARA News) - Leonardo DiCaprio menggunakan kesempatan berpidato saat menerima anugerah Occar-nya untuk membahas perubahan iklim, tulis Washington Times, hari ini.

"The Revenant adalah tentang hubungan antara manusia dan alam.. Perubahan iklim itu nyata. Itu sedang terjadi saat ini," kata Aktor Terbaik Oscar tahun ini tersebut. Pidato politisnya bertentangan dengan para politisi yang tak setuju dengannya.

DiCaprio mengatakan pemanasan global bukan saja "ancaman yang paling mendesak seluruh spesies kita" namun bahkan mempengaruhi proses syuting "The Revenant," yang dilakukan saat musim dingin yang parah.

"Produksi kami perlu pindah ke ujung paling selatan planet ini hanya demi untuk menemukan salju," katanya yang mengklaim bahwa pada 2015 adalah "tahun paling panas dalam catatan sejarah."

Saat menerima penghargaan yang sama pada Golden Globe bulan lalu, dia juga menyampaikan pidato politis dengan mengatakan membagi penghargaan itu dengan "orang-orang bangsa pertama" dan suku-suku asli di seluruh dunia.

"Ini waktunya kita mengakui sejarahmu dan melindungi tanah-tanah adat dari kepentingan korporasi."

Dia juga mencerca politisi dengan menyebut mereka orang bayaran dan pembohong.

"Kita harus mendukung para pemimpin kita di seluruh dunia.. yang berbicara soal kemanusiaan, dan bukan yang fokus pada ketamakan. Saya berterima kasih pada Anda semua atas penghargaan yang luar biasa malam ini. Mari kita hargai planet ini. Saya tak menyepelekan penghargaan ini," katanya, yang mendapat tepuk tangan riuh sambil berdiri dari para hadirin.



Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Hindari potensi kebakaran saat suhu udara tinggi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar