Ini berkat sikap kooperatif baik dari jajaran pemerintah daerah, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan warga setempat
Jakarta (ANTARA News) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan penertiban Kalijodo oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berjalan lancar berkat kerja sama dari semua pihak.

"Ini berkat sikap kooperatif baik dari jajaran pemerintah daerah, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan warga setempat," kata dia ketika mengunjungi Kalijodo, Jakarta, Senin.

Tito mengatakan, hingga pukul 16.00 WIB, proses penertiban bangunan telah 90 persen beres. Sisanya tinggal beberapa bangunan yang pondasi dan sturukturnya relatif kuat.

"Hari ini saya kira tuntas, kalau belum, besok segera untuk diselesaikan. Juga sampai dengan jam ini, tidak ada penolakan signifikan dari warga," kata Tito.

Kemudian, Kapolda Metro Jaya juga mengungkapkan akan menjaga kawasan ini minimal dua hari atau tergantung pada situasi keamanan di tempat ini.

"Kalau seandainya ada potensi kerawanan, kami akan kerahkan pasukan. Melihat kondisi landai, kami tarik beberapa pasukan," kata Tito seraya  menegaskan saat ini belum ada potensi kerawanan muncul di Kalijodo.

Selain Kapolda Metro Jaya, Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana juga hadir meninjau Kalijodo.

Teddy mengatakan bahwa bantuan penertiban dari TNI dan Polda telah sesuai prosedur karena menjaga ketertiban penertiban perlu dengan antisipasi mengerahkan personel TNI yang banyak.

"Kalau aturan, kami harus dukung permintaan Polda. Yang jelas sekarang tidak ada korban, tertib, aman, lancar," tandas Teddy.

Pewarta: Calvin Basuki
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016