Sampang (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan satu unit mobil untuk dapur umum lapangan dan dua unit sepeda motor untuk petugas penanggulangan bencana di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Senin.

"Ini untuk membantu petugas dalam membantu tugas-tugas penanggulangan bencana di Kota Sampang ini," kata Khofifah.

Penyerahan tiga unit kendaraan bermotor ini di pendopo pemkab setempat.

Menurut Menteri Sosial, ketiga unit kendaraan itu sangat dibutuhkan oleh daerah yang sering dilanda banjir seperti Sampang itu.

Selain menyerahkan bantuan satu unit mobil untuk dapur lapangan dan dua unit sepeda motor, Mensos juga menyerahkan bantuan paket kebutuhan bahan pokok kepada warga korban banjir di wilayah itu.

"Ada juga selimut dan matras untuk para korban banjir disini," ucap Khofifah, menjelaskan.

Banjir yang melanda Kota Sampang ini merendak ribuan rumah di 13 desa/kelurahan di wilayah itu.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebutkan, 11.468 kepala keluarga atau sebanyak 34.225 jiwa yang tersebar di tujuh desa dan enam kelurahan di Kota Sampang, terdampak langsung oleh banjir yang terjadi di wilayah itu.

Banjir yang melanda Kota Sampang, Madura itu sejak Jumat (26/2) dan hingga Senin (29/2) masih berlangsung di sebagian titik di Kota Sampang, terutama yang dekat aliran sungai.

Sedangkan di dalam kota, banjir sudah surut, bahkan sudah tidak ada lagi genangan air.

Meski banjir mulai surut, namun Mensos Khofifah Indar Parawansa mengingatkan, agar kewaspadaan perlu tetap ditingkatkan, terutama kemungkinan banyaknya warga terdampak banjir yang terserang penyakit.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016