Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak (warga) baik dengan cara membongkar sendiri maupun pindah ke lokasi lain,"
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian mengapresiasi partisipasi positif dari masyarakat terkait penertiban lokalisasi Kalijodo Jakarta Utara yang berjalan tanpa hambatan atau penolakan massa di sekitar lokasi.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak (warga) baik dengan cara membongkar sendiri maupun pindah ke lokasi lain," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Tito Karnavian di Jakarta Senin.

Tito menyatakan proses pembongkaran bangunan tanpa izin itu telah mencapai 90 persen dan berlangsung tanpa penolakan dari warga di sekitar Kalijodo.

Mantan Kapolda Papua itu menyebutkan seluruh pihak terkait turut memberikan kontribusi sehingga penertiban Kalijodo tanpa muncul perlawanan dari warga.

Tidak hanya Polri, Tito menuturkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, TNI dan elemen masyarakat bersinergi mendukung proses penertiban lokalisasi Kalijodo.

Jenderal polisi bintang dua itu menjelaskan petugas telah merobohkan sebagian besar bangunan, namun masih terdapat beberapa bangunan yang belum dihancurkan karena memiliki pondasi cukup kuat.

Anggota gabungan Polri, TNI dan Pemprov DKI Jakarta sekitar 5.000 personil mengamankan penertiban Kalijodo pada Senin (29/2) mulai 07.30 WIB.

Selanjutnya, Pemprov DKI Jakarta berencana merubah kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sekitar lahan yang sebelumnya dijadikan pusat tempat hiburan dan prostitusi itu.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016