Berlin (ANTARA News) - Kapten Bayern Munich Philipp Lahm menikmati apa yang disebutnya sebagai "pekan menentukan" untuk sang pemuncak klasemen Liga Jerman dalam upaya mereka meraih gelar keempat secara beruntun yang bersejarah.

Bayern unggul delapan angka bersih atas tim peringkat kedua Borussia Dortmund, yang akan mereka hadapi pada Sabtu depan pada pertandingan antara dua penguasa klasemen untuk pasukan Bavaria asuhan Pep Guardiola, pertandingan kedua dari dua pertandingan berat beruntun di liga dalam sepekan mendatang.

Bayern menjamu tim peringkat kelima Mainz pada Rabu, kemudian melawat ke markas Dortmund Signal Iduna Park untuk bermain melawan rival terdekat mereka itu dalam "Der Klassiker" Jerman.

Lahm mengatakan ia mengincar kemenangan atas Mainz, kemudian kemenangan di markas Dortmund untuk pulang kandang dengan setidaknya mengantungi keunggulan 11 angka, untuk membuat tim Bavaria itu berada di "pole position" untuk gelar liga keempat secara beruntun dengan sembilan pertandingan tersisa.

"Menurut saya ini akan menjadi pekan menentukan dalam persaingan meraih gelar," kata Lahm.

"Jika kami mampu meraih kemenangan pada dua pertandingan berikutnya maka tentu saja kita dapat berbicara mengenai kejuaraan, namun masih panjang jalan untuk dilalui."

"Kami masih harus menjalani beberapa pertandingan setelah pekan ini, namun jika kami memenangi dua pertandingan berikutnya maka akan sangat sulit untuk mengejar kami."

"Namun pertama-tama kami perlu mengalahkan Mainz dan Dortmund. Kami dapat mengambil langkah besar untuk bergerak ke depan."

Dua tahun silam, Bayern mengukir rekor untuk kesukesan meraih gelar Liga Jerman paling awal pada akhir Maret -- dengan tujuh pertandingan tersisa -- namun Lahm berkata mereka tidak berfokus pada menentukan tanggal tertentu untuk memenangi gelar.

"Tidak, di titik ini tujuan kami adalah melawat ke Dortmund dengan keunggulan delapan angka," ucapnya.

"Kami ingin menang di sana, yang akan memberi kami keunggulan 11 angka dan itu akan menjadi momen kunci dalam penentuan persaingan peraih gelar juara."

Bayern masih tidak memiliki bek tengah yang bugar di skuadnya, namun Medhi Benatia sedang memulihkan diri sedangkan Mario Goetze semakin dekat untuk kembali masuk tim setelah ia mengalami cedera kaki.

Mainz memenangi empat dari lima pertandingan terakhirnya, dengan geladnang Yunus Malli sebagai pencetak gol terbanyak mereka dengan koleksi sepuluh gol, dua di antaranya tercipta saat menang 3-1 atas Bayer Leverksuen pada Minggu.

Wolfsburg akan bermain melawan tim juru kunci Hanover pada Selasa tanpa pencetak gol tersubur Naldo, yang kemungkinan akan absen sampai akhir musim setelah mengalami dislokasi bahu saat kalah dari Bayern pada Sabtu dan ia memerlukan operasi.

Wolfsburg tidak banyak memiliki pilihan di sektor belakang di man Sebastian Jung absen sampai akhir musim karena robek ligamen lutut, sedangkan Timm Klose telah dijual ke Norwich City pada bursa transfer Januari.

Itu berati Robin Knoche akan bermitra dengan Dante di jantung pertahanan, di mana Hanover telah mematahkan rentetan delapan kekalahan beruntunnya pada Sabtu silam, ketika gelandang Jepang Hiroshi Kiyotake mencetak kedua gol saat mereka menang 2-1 di markas Stuttgart.

Tim peringkat kedua Dortmund akan bermain di markas Darmstadt pada Rabu, dengan harapan dapat kembali diperkuat kapten Mats Hummels yang sempat cedera pinggang, yang membuatnya absen ketika timnya menang 3-1 atas Hoffenheim pada Minggu.

Jadwal pertandingan Liga Jerman (semua dimainkan pukul 19.00 GMT):

Hanover 96 vs Wolfsburg, Ingolstadt vs Cologne

Rabu
Bayern Munich v Mainz, Schalke 04 vs Hamburg, Bayer Leverkusen vs Werder Bremen, Borussia Moenchengladbach vs Stuttgart, Hertha Berlin vs E. Frankfurt, Hoffenheim vs Augsburg, Darmstadt vs Borussia Dortmund.

(AFP/H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016