Tobasa, Sumut (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dan rombongan menyempatkan diri mengunjungi Institut Teknologi Del (IT Del) di Kabupaten Tobasa dalam perjalanan dari Bandara Silangit (Tapanuli Utara) ke Kawasan Wisata Danau Toba di Prapat, Selasa.

Kampus IT Del berlokasi di Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara. Kampus itu berada di pinggir Danau Toba.

Presiden Jokowi dan rombongan tiba di kampus pukul 13.45 WIB. Didampingi Menko Polhukam Luhut Panjaitan yang juga Ketua Yayasan Institut Teknologi Del dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Presiden berkeliling kampus.

Sambil berkeliling, Presiden mendengarkan penjelasan Rektor Institut Teknologi Del Prof Roberd Saragih dan Dekan Fakultas Bioteknologi Dr Merry Margrita.

Luhut menjelaskan bahwa kampus Institut Teknologi Del didesain seperti Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Bagaimana tidak mirip, semua pengajarnya dari ITB, sehingga desain bangunan dan halaman seperti ITB," ujarnya.

Usai berkeliling, Presiden pun bertatap muka dan menyapa mahasiswa di aula kampus.

Sekitar pukul 14.20 WIB, Presiden dan rombongan meninggalkan kampus.

Institut Teknologi Del semula adalah Politeknik Informatika Del yang didirikan pada 2001 dengan tujuan untuk menyediakan pendidikan tinggi berkualitas internasional bagi siswa dan siswi berpotensi, terutama dengan latar belakang ekonomi yang kurang menguntungkan, khususnya yang berasal dari Sumatera Utara.

Di samping turut berperan sebagai inisiator penggerak pembangunan di Tapanuli, IT Del juga diharapkan dapat menginkubasi lahirnya para "technopreneur" baru di bidang teknologi informasi.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016