Jakarta (ANTARA News) - Trio KunoKini meluncurkan single "HeyBeb!!" yang memadukan unsur tradisi dengan modern lewat bunyi alat-alat musik tradisional asli Indonesia irama-irama populer dari barat.

Band bergenre Indo Etnik Eksperimental ini terdiri dari Adhi Bhisma Whraspati alias Bhismo (vokal dan taganing Batak), Astari Achiel alias Bebi (Soko Guru, sebutan untuk satu set rebana biang Betawi dimainkan seperti drumset karya Bhismo) dan Dzulfikri Putra Malawi atau Fikridzul (bonang Jawa dan kangkanung Kalimantan).

Dalam siaran pers, Selasa, KunoKini mengatakan bahwa unsur modern di dalam "HeyBeb!!" diwakili oleh perpaduan irama hip hop dan reggae dancehall serta cara bernyanyi ala ragga yang ditampilkan vokalis utama Bhismo juga rapping dari Kallula, vokalis band KimoKal, sebagai musisi tamu. 

Irama populer itu, lanjut KunoKini, sebenarnya digali dari unsur "kuno" Indonesia lewat konsep interlocking (paduan ketukan berbeda namun dalam tempo yang sama) antara alat musik taganing, Soko Guru, bonang, kendang dan kangkanung. 

"Irama-irama populer tersebut sebenarnya sudah ditemukan dan dihasilkan oleh para musisi nusantara di zaman dahulu," kata KunoKini.

KunoKini akan mengadakan konser perayaan peluncuran single "HeyBeb!!" pada 16 Maret di Cipete, Jakarta Selatan. 

Konser itu juga menjadi panggung resmi yang menampilkan transisi KunoKini menjadi KunoKini & SvaraLiane, paduan alat musik tradisi asli Indonesia andalan KunoKini dengan alat musik konvensional barat yaitu bas, trumpet dan saksofon. 

Konser itu juga akan dimeriahkan musisi tamu seperti Kallula (KimoKal), Wizzow dan Della MC (Batik Tribe), Iga Massardi (Barasuara) & Reza Achman (Matajiwa).

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016