counter

Eks jenderal marinir pimpin unit ekstradisi kriminal AS

Eks jenderal marinir pimpin unit ekstradisi kriminal AS

Penjara Guantanamo (Reuters)

Jakarta (ANTARA News) - Kejaksaan Agung Amerika Serikat telah merekrut seorang mayor jenderal purnawirawan Kors Marinir untuk mengetuai seksi urusan penjahat asing yang mesti diadili di AS.

Unit ini melukiskan semakin pentingnya kerja para jaksa AS yang kini semakin sering bekerja melintasi batas negara.

Vaughn Ary, seorang pengacara yang pernah selama 28 tahun berbakti untuk Korps Marinir, dipilih menjadi direktur Badan Urusan Internasional, Kejaksaan Agung.

Ary mundur tahun lalu dari dinas militer yang saat itu dia bertugas untuk operasi pengadilan tersangka teroris di Teluk Guantanamo, Kuba.

Dia pernah membuat marah para oditur dan hakim militer karena berencana mempercepat penuntutan di pangkalan angkatan laut Guantanamo itu dengan mensyaratkan para hakim mesti tinggal di sini. Rencana ini tak terwujud.

Badan Urusan Internasional Kejaksaan Agung AS saat ini tengah menegosiasikan ekstradisi gembong narkoba dan kriminal Meksiko, Joaquin "El Chapo" Guzman.

Badan ini juga sedang berupaya meminta sejumlah negara seperti Swiss dan Honduras untuk menyerahkan para tersangka kasus korupsi pada badan sepak bola dunia FIFA, demikian Reuters.


Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar