Jakarta (ANTARA News) - Ibu Negara Michelle Obama akan menghadiri pemakaman Nancy Reagan, Jumat pekan ini, yang akan dimakamkan di samping makam suaminya, mantan Presiden Ronald Reagan, di California.

Reagan akan terlebih dahulu disemayamkan di Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan, Rabu dan Kamis waktu AS. Pemakaman keluarga akan dilangsungkan Jumat, kata Yayasan Presiden Ronald Reagan seperti dikutip Reuters.

"Ibu Negara Michelle Obama akan menghadiri pemakaman Ibu Reagan," kata seorang pejabat Gedung Putih.

Nancy, bekas aktris yang sangat melindungi suaminya selam karir di Hollywood, delapan tahun di Gedung Putih, dan percobaan pembunuhan serta penyakit Alzheimer yang diderita sang suami, meninggal dunia Minggu waktu AS lalu dalam usia 94 tahun.

Penyebab kematiannya adalah gagal jantung. Dia meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles.

Di Washington, Presiden Barack Obama memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di Gedung Putih, gedung-gedung pemerintah, markas-markas militer dan fasilitas-fasilitas publik lainnya, demi menghormati Nancy.

Nancy menjadi salah seorang ibu negara paling berpengaruh dalam sejarah AS, selama kepresidenan suaminya dari 1981 sampai 1989.

Suaminya yang sering memanggil Nancy dengan "Mommy" sedangkan dia sendiri memanggil suaminya dengan "Ronnie," meninggal dunia pada 2004 karena Alzheimer, kelainan otak yang menghancurkan memori.

Obama dan Michelle menyebut Nancy Reagan telah meredefinisi peran ibu negara.

"Nancy Reagan pernah menulis bahwa tidak ada yang bisa mempersiapkan Anda untuk hidup di Gedung Putih," tulis Obama dan istrinya. "Tentu saja dia benar. Kami punya teladan karena kami beruntung bisa menikmati teladannya yang membanggakan, nasihat hangat nan murah hatinya."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016