Jakarta (ANTARA News) - Small Medium Business Lead Microsoft Indonesia Rudy Sumadi mengatakan bahwa email gratis rawan terhadap aksi peretasan terutama bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Pelaku UMKM masih kurang aware terhadap penggunaan email gratisan. Berpikirnya yang penting bisa berkomunikasi ke supplier atau konsumen saja. Padahal email gratisan itu sangat rentan diserang hacker," ujar dia, di Jakarta, Kamis.

Menurut Rudy, bagi pelaku UMKM, aksi peretasan email dapat mengancam kelangsungan bisnis. Terlebih belakangan ini mulai banyak pemberitaan mengenai aksi peretasan oleh hacker.

"Setahun terakhir ini banyak email yang dibajak. Costumer seolah menerima email dari supplier untuk membayar sejumlah uang, padahal email tersebut sudah ada di tangan hacker. Ini sangat berbahaya dan bisa merugikan," ujar Rudy.

Untuk membantu para pelaku UMKM dalam memproteksi email, saat ini Microsoft telah menghadirkan layanan email melalui Office 365 atau Exchange email, yang sebelumnya hanya bisa dinikmati oleh korporasi besar.

"Fitur corporate email yang tadinya hanya bisa dipakai perusahaan besar, mulai hari ini juga sudah bisa dipakai pelaku UMKM. Solusi ini bisa membantu mereka memproteksi emailnya," pungkas Rudy.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016