Palu (ANTARA News) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, menjadi perguruan tinggi yang diandalkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia di Provinsi Sulawesi Tengah dalam pembangunan manusia.

"IAIN Palu menjadi andalan Kementerian Agama di Sulawesi Tengah, sebagai salah satu perguruan tinggi Islam negeri yang akan membantu pemerintah dan masyarakat," ungkap Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Prof. Dr. Komaruddin Amin Ph.D, di Palu, Sabtu.

IAIN sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKAIN) di bawah kendali Kemenag, akan memberikan peran strategis dalam mendukung pembangunan manusia yang diselenggarakan pemerintah daerah.

Tidak hanya itu, sebut dia, IAIN Palu turut serta memberikan solusi, pandang, masukan atas problem yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat dibidang sosial keagamaan.

Misalkan, sebut dia, santernya isu LGBT dan munculnya gerakan radikal yang turut serta menguras ruang dan waktu pemerintah untuk menyelesaikan problem tersebut yang ada di daerah masing - masing.

"Fenomena LGBT dan gerakan radikal adalah dua polemik yang saat ini sedang di hadapi oleh negara baik secara nasional atau lokal. Nah, disinilah letak peran strategis IAIN Palu sebagai institusi yang bergerak di bidang pembangunan manusia," ujarnya.

Ia mengutarakan IAIN Palu akan memberikan masukan dan solusi kepada pemerintah serta melibatkan diri untuk menangkal muncul dan berkembangnya gerakan radikal yang di bawah oleh oknum dan pihak tertentu.

Begitupula dengan LGBT, IAIN memainkan perannya lewat pembinaan dengan menggunakan pendekatan konseling berbasis agama, untuk mencegah merembetnya LGBT di semua kalangan dalam kehidupan sosial.

"Peran - peran strategis itu dimainkan oleh IAIN dengan model dan cara tertentu, sesuai dengan kultur dan budaya yang ada di Sulawesi Tengah," katanya.

Terkait hal itu, Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. Longki Djanggola, sangat mengharapkan keterlibatan IAIN Palu dalam pembangunan manusia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, serta mencetak mahasiswa yang kompetitif.

Gubernur juga berharap IAIN Palu dapat memainkan perannya tersebut secara maksimal di masyarakat, serta menjalin hungan kerjasama dengan pemerintah daerah, sehingga polemik yang muncul di masyarakat dapat tertangani secara maksimal.

"Daerah sangat membutuhkan keterlibatan IAIN Palu, untuk bergerak di bidang pembangunan manusia serta memberikan solusi atas problem yang dihadapi," kata Longki Djanggola.

Lebih lanjut Gubernur Longki Djanggola juga berharap IAIN Palu dapat mengambil peran untuk membina masyarakat dan generasi muda, dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016