Jakarta (ANTARA News) - Rafael Benitez yang baru ditunjuk sebagai pelatih baru Newcastle United setelah Steve McClaren dipecat Jumat, setidaknya memiliki lima tantangan yang harus diselesaikan.

Benitez ditunjuk untuk menyelamatkan Newcastle dari jurang degradasi. Tugas itu tentunya berbeda dengan tantangan Benitez untuk mendatangkan piala di klub sebelumnya yaitu Valencia, Liverpool, Inter Milan, Chelsea atau Real Madrid.

Benitez harus bekerja cepat karena Liga Utama Inggris hanya menyisakan sepuluh laga sementara The Magpies berada pada peringkat 19 dengan 24 poin.

Berikut lima tugas Benitez di Newcastle, dilansir Skysports, Sabtu.

Membentuk tim subur


Newcastle berjuang keras untuk tampil subur pada musim ini kendati telah membeli sejumlah pemain depan pada dua jendela transfer.

Secara total mereka hanya menciptakan 28 gol dari 38 pertandingan atau kedua terendah di Liga Utama Inggris di atas Aston Villa yang berada di dasar klasemen.

Aleksandar Mitrovic, Emmanuel Riviere dan Seydou Doumbia sejauh ini gagal tampil mengesankan sehingga Benitez diharapkan bisa mengoptimalkan penyerang Spanyol, Ayoze Perez, yang cukup berkembang sebelum McClaren diberhentikan.

Catatan mencetak gol Perez memang biasa-biasa saja, hanya 13 gol dalam 60 laga. Namun penyerang Spanyol itu dianggap berbakat karena beberapa kali mencetak gol penting guna menyelamatkan Newcastle dari degradasi pada musim lalu.

Kinerja laga tandang


Performa laga tandang adalah tugas besar yang menanti Benitez karena The Magpies cuma mendapatkan tujuh poin dan membukukan tujuh gol dalam laga tandang.

Newcastle masih memiliki lima laga tandang hingga akhir musim, termasuk laga penting menghadapi tim zona degradasi lainnya, Norwich dan Aston Villa.

Benitez dikenal mampu menanamkan sikap pantang menyerah saat menghadirkan piala tidak terduga di Valencia dan Liverpool. Sikap itu diharapkan bisa tumbuh di Newcastle.

Mengalahkan rival

Newcastle kini terpaut sembilan poin dengan Swansea pada peringkat 16 sehingga mereka harus memenangkan laga tersisa melawan tim sesama zona degradasi Aston Villa dan Norwich serta tim sekota Sunderland yang berada di posisi 17.

Selain itu, Newcastle cuma meraih sepuluh poin saat menghadapi tim papan bawah klasemen sehingga
Benitez harus memaksimalkan laga melawan tim papan bawah untuk setidaknya menghasilkan enam poin karena pada laga mendatang Newcastle akan menghadapi Leicester, Manchester City, Tottenham dan Liverpool.

Newcastle juga akan menghadapi laga kandang melawan tim sekota, Sunderland, pada 20 Maret. The Black Cats telah memenangkan enam derby Tyne-Wear terakhir dan Benitez diharapkan menghentikan rekor buruk itu.

Mental pemain


Mental pemain Newcastle anjlok setelah kapten tim, Jonjo Shelvey, mengatakan para pemain seolah-olah membuat McClaren dipecat.

Pemain The Magpies terlihat renggang saat menghadapi Bournemouth pekan lalu saat. Sebaliknya, Sam Allardyce berhasil menggembleng skuad Sunderland menjadi lebih baik menjelang akhir musim ini.

Dukungan fans


Tidak hanya mengurusi teknis di dalam lapangan, Benitez juga perlu mengatasi suasana murung para fans di Stadion St James Park dalam beberapa pekan terakhir.

Senin lalu, Forum Fans NUFC melayangkan surat yang ditujukan pada ruang rapat klub untuk mengkritik keputusan klub musim ini.

Benitez memiliki hubungan yang tidak terlalu stabil dengan fans. Pelatih 55 tahun itu gagal memenangkan hati fans Real Madrid saat bertugas di Bernabeu.

Fans Chelsea juga kecewa saat ia ditunjuk sebagai pelatih sementara di Stamford Bridge pada 2012. Untuk itu Benitez harus mencari cara untuk memenangkan pendukung Newcastle.



Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016