Gianyar, Bali (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan mengajak warga Bali berpartisipasi mensukseskan PON XIX/2016 dengan ikut mempromosikan perhelatan olahraga nasional itu kepada masyarakat dan juga wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

"PON XIX/2016 memang di Jawa Barat tapi itu perhelatan nasional, gelaran bersama yang harus disukseskan bersama. Oleh karena itu sudah selayaknya masyarakat Bali ikut mensosialisasikannya agar pesta olahraga nasional ini memiliki gaung ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri," kata Heryawan seusai menjadi pembicara pada Parent Gathering di GOR Kebo Iwa Gianyar Bali, Minggu.

Heryawan yang juga menjabat Ketua Panitia Besar PON XIX/ 2016 Jabar itu mengajak agar warga Bali bisa hadir menyaksikan pertandingan PON yang akan diikuti 34 kontingen dengan mempertandingkan 754 nomor pertandingan dari 44 cabang olahraga. Selain itu juga akan dipertandingkan 10 cabang olahraga eksebisi.

Kegiatan itu dihadiri oleh Bupati Gianyar yang juga Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kabupaten Gianyar AA Gde Agung Bharata, Ketua Dewan Pembina Komnas Perlindungan Anak Kak Seto Mulyadi, Bupati Gianyar serta sejumlah pemangku kepentingan lainnya.

Pada kesempatan itu diperkenalkan logo PON XIX/ Peparnas XV/ 2016 maskot Surili yakni Lili dan Lala. Selain itu juga diperkenalkan buletin Surili yang merupakan buletin resmi PB PON XIX/2016 dengan edisi liputan hitung mundur "222 Hari Menjelang PON XIX/2016", menyebar leaflet dan striker PON XIX/2016.

Gubernur memberikan cenderamata maskot PON XIX/2016 kepada Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata dan kepada Kak Seto Mulyadi.

Heryawan menyatakan komitmennya untuk menggelar perhelatan itu menjadi gelaran paling megah dan paling semarak dari sepanjang perjalanan sejarah PON di Indonesia. Pada gilirannya, kata dia tidak hanya mencetak prestasi tapi juga menjadi tontonan yang menarik sehingga bisa menarik kunjungan bagi para wisatawan.

"Kami mengundang warga Bali untuk hadir dan datang ke Jawa Barat, ke 15 kabupaten/kota penyelenggara PON Jabar guna menonton pertandingan dan juga menikmati eksotiknya alam Jawa Barat," kata Heryawan.

Imbauan serupa juga disampaikan bagi warga di 34 provinsi lainnya agar semangat PON tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi. Jabar menurut Heryawan akan memastikan PON XIX/2016 menjadi tempat lahirnya legenda-legenda baru di bidang olahraga. Dengan spirit tema besar "Berjaya di Tanah Legenda" PON XIX/2016 akan menjadi panggung para legenda.

Pada kesempatan itu juga Ketua PB PON XIX/2016 Jabar menyampaikan kesiapan Jabar menjadi tuan rumah dan kesiapan untuk menyambut dan melayani duta-duta olahraga daerah termasuk supporter yang hadir ke Jawa Barat.

Selain menghadiri kegiatan sosialisasi di Gianyar Bali juga melakukan kunjungan ke kantor media massa di Bali serta bertemu dengan komunitas asal Jawa Barat "Baraya Sunda" yang tinggal di Pulau Dewata itu.

Pada kesempatan itu dia mengajak komunitas warga dan media massa untuk ikut mensosialisasikan PON XIX/2016 sehingga makna PON sebagai perhelatan nasional itu meresap hingga ke peloksok.

"Sekali lagi saya tekankan PON ini perhelatan nasional, kegiatan milik rakyat Indonesia sehingga sudah menjadi kewajiban bersama untuk menjaga bahkan meningkatkan spirit PON agar bisa sampai kepada masyarakat secara luas," katanya.

Sementara itu Asisten Daerah II Bali I Putu Wuja menyatakan siap ikut mensukseskan PON XIX/2016 Jabar termasuk melakukan pengerahan warga Bali untuk mendukung kontingen provinsi itu dalam perhelatan olahraga di Jabar.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016