AsiaNet 63755

TOKYO, 14 Maret 2016 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) --

Japan Foundation Asia Center dan Tokyo International Film Festival (TIFF) pada tanggal 14 Maret mengumumkan jajaran pemeran utama untuk proyek film omnibus "Asian Three-Fold Mirror", yang diluncurkan pada 2014, sebagai bagian dari kerjasama antara Center dan TIFF. Proyek ini ditujukan untuk meningkatkan interaksi antara negara-negara di Asia serta memperkaya pemahaman kultural dan memungkinkan semua orang untuk menemukan jati diri mereka sebagai individu yang dapat berkontribusi untuk Asia.

(Foto: http://prw.kyodonews.jp/prwfile/release/M102849/201603118811/_prw_OI1fl_4B62Y7g1.jpg)

Seperti yang telah diumumkan, tiga sutradara kenamaan di Asia yang terpilih untuk menyutradarai tiga film pendek untuk seri pertama "Asian Three-Fold Mirror" adalah: Brillante Ma. Mendoza (Filipina), Isao Yukisada (Jepang), dan Sotho Kulikar (Kamboja).

Proyek film omnibus ini pun akan diramaikan oleh beberapa bintang film ternama masing-masing negara, diantaranya; aktor Filipina Lou Veloso akan bermain di film pendek arahan Mendoza; salah satu aktor ternama di Jepang, Masahiko Tsugawa, bersama dengan aktor asal Jepang Masatoshi Nagase dan aktris Malaysia, Sharifah Amani, akan beradu akting di film pendek garapan Yukisada; sedangkan aktor Jepang dan aktris asal Kamboja Masaya Kato dan Chumvan Sodhacivy akan hadir di episode karya Kulikar. Tokoh protagonis dari masing-masing film pendek merupakan seorang Asia yang tinggal di berbagai negara di Asia, sehingga memungkinkan para sutradara untuk mengeksplorasi visi mereka di lokasi di Asia dan menciptakan satu fim omnibus yang representatif. Para sutradara akan mengambil lokasi syuting di Jepang, Filipina, Kamboja, dan Malaysia, mulai Februari hingga April 2016, yang diikuti proses pasca produksi di salah satu laboratorium digital paling canggih di Asia, Imagica South East Asia, di Malaysia pada musim panas 2016.

Penayangan perdana global film ini akan bertempat di event Tokyo International Film Festival ke-29 yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 Oktober hingga 3 November 2016, dan selanjutnya akan diputar di berbagai festival film internasional.

Situs Resmi:
Japan Foundation Asia Center:    http://jfac.jp/en/
Tokyo International Film Festival:  http://tiff-jp.net/en/

Proyek Film Omnibus: "Asian Three-Fold Mirror"
"Asian Three-Fold Mirror" adalah proyek film kolaboratif antara Japan Foundation Asia Center dan Tokyo International Film Festival, menghadirkan sejumlah sutradara kenamaan di Asia, termasuk dari Jepang. Seperti halnya cermin tiga lapis, film omnibus ini akan merefleksikan kondisi masyarakat dan kebudayaan terkini di Asia dari tiga sudut pandang unik masing-masing sutradara.

Sumber: Tokyo International Film Festival (TIFF)

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016