Program kuliah gratis disosialisasikan Unsulbar

Program kuliah gratis disosialisasikan Unsulbar

Ilustrasi Bea Siswa (Antaranews/Grafis)

Tahun lalu mahasiswa baru Unsulbar yang berhasil mendapatkan dana bea siswa bidik misi 400 orang, kita berharap dengan sosialisasi ini akan semakin banyak siswa dari golongan tidak mampu dapat berkuliah,"
Majene (ANTARA News) - Program kuliah gratis melalui jalur beasiswa Bidik Misi terus disosialisasikan Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar)  ke masyarakat, termasuk para siswa SMA sederajat yang dalam waktu dekat akan menyelesaikan pendidikan menengah.

"Unsulbar tentu berharap dengan tersebarnya informasi tentang program bidik misi akan semakin banyak siswa dari golongan tidak mampu dapat melanjukan pendidikan ke perguruan tinggi," kata Kepala Bagian Tata Usaha FISIP Unsulbar, Herli di Majene, Kamis.

Menurut dia, bidik Misi menjadi salah satu materi sosialiasi penerimaan mahasiswa baru Unsulbar yang digelar di Enam kabupaten se Sulawesi Barat.

Di samping dilaksanakan panitia dalam koordinasi rektorat, sosialiasi penerimaan mahasiswa baru juga digelar sejumlah Fakultas di Unsulbar salah satunya Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik.

Herli menjelaskan, Bidik Misi memberikan fasilitas pembiayaan pendidikan mulai dari bebas biaya pendaftaran SBMPTN, gratis biaya SPP sampai sarjana hingga mendapatkan subsidi biaya hidup sebesar Rp 600 ribu per bulan.

"Tahun lalu mahasiswa baru Unsulbar yang berhasil mendapatkan dana bea siswa bidik misi 400 orang, kita berharap dengan sosialisasi ini akan semakin banyak siswa dari golongan tidak mampu dapat berkuliah," kata Herli

Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru dan program bidik misi yang digelar FISIP Unsulbar digelar di sejumlah SMA, Madrasah Aliyah dan SMK di Polewali Mandar dan Majene antara lain SMA 1 Majene, SMA Sendana dan SMA Pamboang.

Di samping program Bidik Misi, tim Sosialisasi FISIP Unsulbar juga menyampaikan tentang program-program studi atau jurusan di Unsulbar yang dapat menjadi pilihan lulusan SMA.

Herli menguraikan, di Unsulbar yang berlokasi di kelurahan Tande Timur, kecamatan Banggae Timur saat ini terdapat 7 fakultas masing-masing Fakultas Sospol, Kesehatan, Teknik, MIPA, Perikanan dan Peternakan, Pertanian dan Kehutanan dan Fakultas Ekonomi.

Khusus untuk Fakultas Sospol Unsulbar terdiri atas sejumlah program studi (jurusan) antara lain Program studi ilmu Politik, Hubungan Internasional, Ilmu Hukum dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Kepada para siswa SMA sederajat kelas III, tim sosiaslisasi FISIP Unsulbar terdiri dari dosen, staf serta mahasiswa berprestasi menyampaikan sejumlah informasi penting antara lain jadwal penerimaan mahasiswa jalur SBMPTN yang akan dimulai 22 April hingga 18 Mei 2016 serta tata cara pendaftaran bidik misi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/.

Selain beasiswa Bidik Misi, program beasiswa lain di Unsulbar yang bisa membantu siswa tidak mampu adalah Beasiswa Bank Indonesia, PPA dan Supersemar.

Pewarta: Aco Ahmad
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Kemenristek Dikti Kuliahkan 339 Ribu Mahasiswa Kurang Mampu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar