Newcastle, Inggris (ANTARA News) - Pelatih baru Rafael Benitez akhirnya meraih poin pertama sejak ditunjuk melatih klub barunya, Newcastle United, usai menahan imbang tim tamu Sunderland 1-1 dalam laga pekan ke-31 Liga Utama Inggris di Stadion St. James Park, Minggu.

Penyerang Aleksandar Mitrovic patut mendapat ucapan terima kasih dari Benitez setelah menjadi pencetak gol pada menit 83 yang memaksa laga berakhir dengan hasil imbang 1-1 setelah tuan rumah tertinggal lebih dulu akibat gol dari Jermain Defoe pada ujung babak pertama.

Meski secara statistik menguasai 60 persen pengendalian bola sepanjang laga dan melepaskan 17 percobaan tembakan yang delapan di antaranya menemui sasaran, Newcastle justru tertinggal lebih dulu dari Sunderland saat babak pertama hampir rampung.

Bola sepak pojok yang dilepaskan Wahbi Khazri diterima Fabio Borini dengan sepakan keras ke arah gawang yang masih bisa diantisipasi penjaga gawang Robert Elliot. Namun bola memantul dan kerumunan pemain Newcastle tak satu pun berhasil mendapatkannya, malah Defoe yang cekatan mengambil alih bola, kemudian mengendalikan sejenak sebelum melepaskan tendangan ke sudut kanan gawang.

Newcastle baru bisa menyamakan kedudukan pada menit 83 saat aksi individual Georginio Wijnaldum diakhirinya dengan sebuah umpan lambung ke tiang jauh di mana Mitrovic melompat lebih tinggi dari DeAndre Yedlin untuk menyambutnya dengan tandukan yang menaklukkan penjaga gawang Vito Mannone.

Dengan demikian catatan Benitez semenjak melatih Newcastle adalah satu kekalahan dan satu hasil imbang, bukan modal yang cukup baik untuk menyelamatkan Toon Army dari ancaman degradasi.

Hasil imbang ini juga tak cukup mengangkat Newcastle dari peringkat ke-19 dengan 25 poin.

Namun keadaan juga tidak lebih baik bagi Sam Allardyce, sebab hasil imbang membuat Sunderland (26) terperosok ke urutan ke-18 akibat kemenangan Norwich City (28) pada laga yang berlangsung lebih awal.

Kedua tim kemungkinan akan terlibat dalam pertarungan menghindari degradasi pada sisa delapan laga yang belum mereka lakoni, dan nasib mereka tertumpu pada pundak masing-masing bukannya hasil tim lain.

Berikut pemain yang diturunkan kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris.

Newcastle United (4-2-3-1): Robert Elliot (PG); Daryl Janmaat (Vurnon Anita), Chancel Mbemba, Jamaal Lascelles, Jack Colback (Siem de Jong); Moussa Sissoko, Jonjo Shelvey; Andros Townsend (Papiss Demba Cisse), Georginio Wijnaldum, Ayoze Perez; Aleksandar Mitrovic
Pelatih: Rafa Benitez

Sunderland (4-1-4-1): Vito Mannone (PG); DeAndre Yedlin, Lamine Kone, Younes Kaboul (John O'Shea), Patrick van Aanholt; Jan Kirschhoff (Lee Cattermole); Fabio Borini, Yann M'Vila, Jack Rodwell, Wahbi Khazri (Dame N'Doye); Jermain Defoe
Pelatih: Sam Allardyce

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016