Balikpapan (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo hari ini dijadwalkan meninjau pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, yang merupakan jalan tol pertama di Kalimantan.

Presiden akan memantau langsung pembangunan jalan tol itu menggunakan mobil di Desa Karangjoang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, serta mendengarkan penjelasan Gubernur Kalimantan Timur mengenai pengerjaaan proyek tersebut.

Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,2 kilometer, yang biayanya Rp14,9 triliun, diharapkan tuntas Mei 2019.

Jalan tol itu akan memangkas waktu perjalanan dari Balikpapan menuju Samarinda yang semula 2,5 hingga tiga jam menjadi sekitar satu jam.

Usai meninjau proyek pembangunan jalan tol, Presiden akan menyerahkan Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia (ASLUT), Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di halaman Kantor Penyelenggara Ibadah Haji Balikpapan.

Selanjutnya Presiden dan rombongan akan menuju Bendungan Teritip, Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan TImur, Kota Balikpapan. Bendungan itu berdaya tampung 2,4 juta meter kubik.

Presiden dan Ibu Negara dijadwalkan kembali ke Jakarta sore ini menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016