Misa Kamis Putih Jayapura dijaga remaja masjid

Misa Kamis Putih Jayapura dijaga remaja masjid

ilustrasi Misa Kamis Putih Ratusan umat Kristen Katolik, mengikuti misa Kamis Putih, di Gereja Katolik Redemptor Mundi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (2/4/15). Misa Kamis Putih yang ditandai dengan pembasuhan kaki itu, merupakan bagian dari perayaan hari Pakah. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

Jayapura (ANTARA News) - Ribuan umat Khatolik di Jayapura mengikuti Misa Kamis Putih di Gereja Gembala Baik Abepura dan dijaga oleh puluhan Remaja Masjid yang membantu menertibkan arus lalu lintas di depan lokasi ibadah.

Dari pantauan di lapangan, Misa Kamis Putih di Gereja Khatolik Gembala Baik Abepura dipimpin Pastor Trismadi Pr, di mana umat dari masing-masing kombas bergiliran melaksanakan tuguran hingga pukul 24.00 malam.

"Dalam Misa Kamis Putih ini, kami melaksanakan pembasuhan kaki yang menyimbolkan suatu teladan untuk merendahkan diri dan melayani," kata Ignatius Christoper Awi di Jayapura, Kamis.

Menurut Ignatius, dalam prosesi pembasuhan kaki ini ingin mengingat umat ketika Yesus membasuh kaki murid-muridnya.

"Seorang yang besar namun mau mencuci kaki murid-muridnya, ini menjadi teladan bagi umat untuk melakukan sebuah pelayanan kepada sesama," ujarnya.

Dia menuturkan, selain melaksanakan pembasuhan kaki, dalam Misa Kamis Putih, umat Khatolik juga menjalani tuguran.

"Tuguran merupakan doa hening, yang mana umat bersama-sama merenung serta berjaga-jaga," ujarnya.

Dia menambahkan Misa Kamis Putih di Gereja Khatolik Gembala Baik Abepura berjalan lancar dan khusyuk, apalagi umat dibantu oleh para Remaja Masjid untuk menertibkan arus lalu lintas serta menjaga kelancaran selama ibadah berlangsung.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Kilas NusAntara Edisi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar