Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional sepak bola Brasil bermain imbang 2-2 melawan Uruguay pada pada pertandingan kelima Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan (Conmebol) di Stadion Arena Pernambuco, Recife, Brasil, Sabtu waktu Indonesia.

Dua gol Brasil dicetak Douglas Costa dan Renato Agusto. Adapun gol Uruguay dibukukan Edinson Cavani dan Luis Suarez yang kembali memperkuat tim sekaligus menjadi kapten La Celeste pada laga ini.

Hasil imbang ini membuat Uruguay tetap menempati peringkat dua klasemen Kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol dengan perolehan 10 poin. Adapun Brasil naik dua tingkat ke posisi tiga dengan delapan poin.

Pada jalannya laga, Douglas Costa mengantarkan Brasil unggul 1-0 saat laga baru berjalan 41 detik melalui umpan panjang Dani Alves dari sisi kanan kepada Willian yang diteruskan kepada Costa.

Renato Agusto menggandakan keunggulan Brasil 2-0 memaksimalkan serangan balik yang dibangun Neymar. Bek Uruguay, Alvaro Pereira, mencoba menghentikan pergerakan Neymar namun penyerang Barcelona itu tetap mampu mengirimkan umpan yang disempurkan menjadi gol oleh Agusto pada menit 26.

Uruguay memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 berkat gol yang diciptakan Edinson Cavani memaksimalkan umpan silang Sanchez dari sisi kiri pada menit 31.

Kapten Uruguay, Luis Suarez, yang lolos dari kawalan bek Brasil mencetak gol penyeimbang 2-2 saat laga memasuki menit 48 setelah menerima umpan Alvaro Pereira.

Suarez kembali berpeluang saat lewat tembakan kaki kanan yang dilepaskan dari luar kotak penalti pada menit 84, namun aksi Suarez mampu diblokir pemain bertahan Brasil.

Brasil pun belum menyerah, Coutinho yang masuk menggantikan Fernandinho melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti setelah mendapatkan bola operan dari Miranda pada menit 86.

Upaya yang dilancarkan kedua tim tidak membuahkan gol tambahan sehingga skor seri 2-2 bertahan sampai laga selesai, demikian laporan pertandingan FIFA.

Susunan pemain kedua tim:

Uruguay (4-3-3):
Muslera; Fucile, Victorino, Coates, A. Pereira; Sanchez (Cristhian Stuani), Arevalo Rios, Vecino; Cavani, Suarez, Rodriguez.

Brazil (4-1-4-1):
Alisson; Dani Alves, Miranda, David Luiz, Filipe Luis; Luiz Gustavo; Willian, Fernandinho (Coutinho), Renato Augusto, Douglas Costa (Ricardo Oliveira); Neymar.

Penerjemah:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016