Lisbon (ANTARA News) - Kiper timnas Spanyol Iker Casillas mengatakan ia ingin melanjutkan kiprah internasionalnya setelah menyamai rekor penampilan timnas terbanyak oleh pemain Eropa, namun menyadari bahwa dirinya semakin dekat untuk pensiun.

Kiper Porto berusia 34 tahun itu memperlihatkan kelasnya dengan sejumlah penyelamatan bagus pada penampilan ke-166nya untuk timnas Spanyol, saat sang juara Eropa bermain imbang tanpa gol di markas Romania pada Minggu.

"Saat pensiunnya saya semakin dekat dan dekat," kata Casillas kepada para pewarta.

"Sudah jelas bahwa waktu berlalu bagi semua orang dan saya bukan perkecualian terhadap hal itu."

"Namun saya memiliki harapan dan saya akan senang berada di tim ini dengan banyak pemain muda. Saya tidak tahu apakah ini tahun terakhir saya dengan Spanyol, saya hanya berpikir mengenai menikmati setiap harinya."

Casillas menyamai rekor pemain Latvia Vitalijs Astafjevs pada buku rekor Eropa setelah memainkan penampilan ke-166nya pada tahun internasional ke-16.

Mantan kiper Real Madrid itu, yang tidak kemasukan gol dalam 710 menit untuk timnas Spanyol, melakukan debut internasionalnya pada 3 Juni 2000 melawan wedia ketika ia berusia 19 tahun 14 hari.

Ia telah menjuarai Piala Eropa 2008 dan 2012, Piala Dunia 2010 serta lima gelar Liga Spanyol bersama Real Madrid dan tiga Liga Champions.

Ia meninggalkan Real pada tahun lalu untuk bergabung dengan Porto, namun tetap menjadi pilihan pertama oleh pelatih Spanyol Vicente Del Bosque sepanjang kualifikasi Piala Eropa 2016, bermain pada tujuh dari sepuluh pertandingan meski kiper Manchester United David De Gea berupaya untuk merebut posisi kiper utama.

"Saya gembira untuk mencapai 166 pertandingan dan menjadi pemain dengan pertandingan terbanyak untuk tim nasional," kata Casillas.

"Pada tahun-tahun ini saya telah menjalani saat-saat baik dan buruk, namun saya akan bertahan dengan hal-hal baik." Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016