Pebalap Eropa siap ramaikan Tour de Banyuwangi

Pebalap Eropa siap ramaikan Tour de Banyuwangi

Dokumentasi--Etape Terakhir ITdbI 2015. Pebalab International Tour de Banyuwangi Ijen 2015 beradu cepat pada etape ke empat di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (9/5/15). Etape dengan jarak tempuh 109,7 km dari RTH Bajulmati hingga Taman Blambangan tersebut dimenangkan oleh pebalab HKSI Pro Cycling Team Hongkong Leung Chun Wing dengan waktu 2 jam 27 menit 11 detik. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Pebalap daratan Eropa pun telah memastikan akan berlaga di ITdBI. Timnas San Marino dan Tim Nasional Irlandia sudah konfirmasi. Pebalap dari Benua Amerika juga dipastikan hadir. Jadi tim luar negeri yang sudah memastikan berlaga hingga sekarang ada 1
Banyuwangi (ANTARA News) - Penyelenggara "International Tour de Banyuwangi Ijen" (ITdBI) 2016 menargetkan 20 tim luar negeri ikut berlaga pada ajang tahunan yang kali ini akan digelar 11 hingga 14 Mei itu.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ketika dihubungi dari Banyuwangi, Jawa Timur, Senin menjelaskan sejumlah tim papan atas Asia dipastikan turut bertanding, di antaranya Pishgaman Giant Team, Skydive Dubai Al Ahli, dan Tabriz Shadari Team yang merupakan juara 1, 2, 3 di Asia.

"Pebalap daratan Eropa pun telah memastikan akan berlaga di ITdBI. Timnas San Marino dan Tim Nasional Irlandia sudah konfirmasi. Pebalap dari Benua Amerika juga dipastikan hadir. Jadi tim luar negeri yang sudah memastikan berlaga hingga sekarang ada 14 tim," katanya.

ITdBI 2016 terdiri atas empat etape sepanjang 567 kilometer. Rute ini ditempuh dengan melintasi berbagai destinasi wisata, mulai wisata pantai, perkebunan, sentra pertanian, city tour, hingga kaki Gunung Ijen, gunung berapi aktif yang terkenal di dunia dengan fenomena api biru-nya.

Menurut Anas, tanjakan menuju kaki Gunung Ijen adalah salah satu tanjakan terekstrem di Asia karena berada di ketinggian 1.871 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan kemiringan 45 derajat, di atas tanjakan di Malaysia yang hanya berkisar 1.500 mdpl.

"Tahun ini aroma turismenya semakin kuat, karena mengenalkan dua destinasi wisata baru, yaitu Waduk Sidodadi di Glenmore dan Pantai Grand New Watu Dodol di Kalipuro. Kami ingin dua destinasi ini semakin populer dan menjadi daya tarik wisata baru bagi wisatawan," katanya.

Khusus di Waduk Sidodadi yang berada di Glenmore, katanya, ITdBI juga dijadikan pengungkit karena di perkebunan Glenmore kini sedang disiapkan wisata cokelat.

Pemkab Banyuwangi berterima kasih ke Kementerian Pariwisata yang telah membantu pengembangan wisata di kabupaten berjuluk "The Sunrise of Java" tersebut.

"Selain dari sisi promosi dan pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata, Kementerian Pariwisata juga mendukung pengembangan SDM pariwisata kami melalui berbagai pelatihan tematik, mulai dari penyelamat hingga pengelola wisata adat. Sinergi pusat dan daerah seperti ini akan memudahkan Indonesia mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara," ujar Anas.

ITdBI yang telah menjadi agenda rutin sejak 2012 itu telah mendapatkan peringkat "excellent" dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) yang menjadikan ITdBI sebagai kejuaraan balap sepeda terbaik di Indonesia.

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Layanan publik di Banyuwangi sambut era normal baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar