Madiun (ANTARA News) - Sebanyak 20 sekolah di Kota Madiun, Jawa Timur, menerima penghargaan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk tahun ajaran 2014-2015.

Wali Kota Madiun Bambang Irianto mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada sekolah-sekolah yang berhasil melaksanakan ujian nasional dengan baik dan jujur. Penghargaan itu berdasarkan surat keputusan Kemendikbud RI Nomor : 226/MPK/KR/2016 tertanggal 11 Februari 2016.

"Ini prestasi yang patut dibanggakan. Sebab, pintar saja tidak cukup kalau tanpa kejujuran. Prestasi bagus, jujur harus," ujar Bambang Irianto, kepada wartawan, Rabu.

Adapun, ke-20 sekolah tersebut antara lain, SMPN 1, SMPN 2, SMKN 1, SMKN 3, dan SMK Bina Farma yang mendapat nilai Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) di atas 91 hingga berpredikat amat baik.

Kemudian, SMPN 3, SMPN 4, SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMP Muhammadiyah 1, SMP Darul Madinah, SMP Santo Bernardus, SMP PSM, SMA Muhammadiyah 1, SMK Cendekia, SMK Industri, SMK Bonaventura 1, SMKN 2, dan SMK Gamaliel mendapat predikat baik.

Ia mejelaskan, IIUN tersebut dinilai langsung oleh Kemedikbud dengan menurunkan petugas Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik)-nya untuk melakukan evaluasi massal berskala nasional.

Pihaknya mengapresiasi kinerja dinas pendidikan kebudayaan pemuda dan olahraga (dikbudpora) hingga keberhasilan dan kejujuran pelaksanaan UN terjaga.

Di samping meraih indeks integritas pelaksanaan UN yang membanggakan, nilai rata-rata hasil UN jenjang SMP, SMA IPA/IPS, dan SMK di Kota Madiun tercatat mampu menggunguli Jatim maupun nasional.

"Rata-rata indeks integritas Kota Madiun mencapai 71,02. Nilai itu jauh di atas angka Jatim sebesar 62,91 dan nasional 63,28," kata dia.

Kepala Dikbudpora Kota Madiun Gandhi Hatmoko, mengatakan, kejujuran dan integritas dalam pelaksanaan UN selama ini terus diterapkan oleh masing-masing sekolah.

"Setiap sekolah memiliki cara atau metode sendiri untuk menanamkan nilai kejujuran ke siswanya. Dari awal, Pak Wali Kota sudah meminta agar siswa dikenalkan nilai-nilai kepribadian dan kejujuran, selain akademik," kata Gandhi.

Ia berharap, pelaksanaan UN tahun 2016 ini juga berjalan lancar, jujur, dan baik. Sehingga akan lebih banyak lagi sekolah yang meraih IIUN untuk tahun ini.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo/ Louis Rika
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016