Beijing (ANTARA News) - Bintang Holywood Natalie Portman akan menghadiri gelaran Festival Keenam Film Internasional Beijing (FFIB), sekaligus menyaksikan pemutaran film pertama hasil garapannya "A Tale of Love and Darkness", pada 16-23 April mendatang.

Panitia FFIB dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Beijing, Rabu menyebutkan, peraih Oscar pada 2010 tersebut akan tiba pada 17 April dan berjalan di karpet merah FFIB.

Bintang film "Black Swan" tersebut sebelumnya pernah hadir pada Festival Film Shanghai pada 2014, dan terus menyatakan minatnya terhadap perkembangan film Tiongkok.

Minat Natalie Portman terhadap perfilman Tiongkok, telah tumbuh sejak membintangi "Leon The Professional" besutan sutradara Luc Besson, pada 1994.

Terkait itu pada FFIB 2016, aktris kelahiran Yerussalem tersebut akan menghadiri forum produksi bersama dengan insan film Tiongkok, yang merupakan bagian dari FFIB.

Selain Natalie Portman, akan hadir pula sutradara Italia Giuseppe Tornatore.

Panitia FFIB telah menerima sekitar 2.329 judul film dari 105 negara yang sudah diterima panitia, terdiri atas 1,964 film asing dan 365 film produksi lokal.

Panitia akan menyeleksi 500 film dan akan diputar di sekitar 25 bioskop dan lima universitas. Termasuk "Star Wars" dan "The Last Emperor 3D,".

Para juri akan menetapkan film terbaik berdasar beberapa kategori yang telah ditetapkan, untuk memperebutkan penghargaan tertinggi dalam ajang itu, yakni "Tiantan" seperti Oscar di AS.

Industri film Tiongkok kini menempati urutan pertama terbesar di Asia dan ketiga terbesar di dunia. Pada penyelenggaraan BJIFF 2015, lebih dari 300 film ditayangkan dengan nilai kontrak kerja sama mencapai 2,2 miliar dolar AS.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016