Jakarta (ANTARA News) - Asus menghadirkan notebook gaming pertama di dunia yang menggunakan sistem pendingin cair (liquid cooling system) guna menstabilkan suhu komputer.

"Pendingin bekerja dengan cara mengalirkan cairan yang berasal dari tangki melalui tabung selang menuju ke dalam perangkat untuk mendinginkan sistem," kata Juliana Cen, Country Products Group Leader Asus Indonesia, saat peluncuran di Jakarta, Kamis.

Secara keseluruhan, pendingin cair tersebut dipasang pada bagian belakang notebook yang terdiri dari tangki penampung air, pompa, kipas, selang dan radiator untuk mengalirkan cairan pendingin melalui selang.

"Cairan panas yang telah mendinginkan sistem tersebut dialirkan lagi ke luar sistem dan kembali menuju docking untuk mendinginkan temperatur dengan radiator, kata Juliana.

Ia menjelaskan, pada ROG GX700 terdapat dua buah tangki air yang dapat menampung air berkapasitas 67 liter. Saat air akan habis, sensor akan menginformasikannya kepada pengguna untuk mengisi ulang air.

"Panas akan dibuang keluar melalui lubang ventilasi pada radiator," kata dia.

Desain radiator pendingin cair tersebut dibuat dengan proses manufaktur yang sama dengan sistem pendingin mobil guna memberikan penyegaran dan pendinginan maksimal.

Notebook gaming berlayar 17,3 inci tersebut dipasarkan dengan harga Rp79.999.000.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016