counter

Jajal model baru pemasaran digital, Floridina rilis web series

Jajal model baru pemasaran digital, Floridina rilis web series

Group Head of Marketing Beverages Wings Food, Aristo Kristandyo bersama sutradara web series F.O.G Mission, David Budiatmadja saat peluncuran di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta pada Kamis (31/3). (Ida Nurcahyani)

Jakarta (ANTARA News) - Wings Food melalui produk minuman rasa jeruk dalam kemasan, Floridina, menjajal model baru komunikasi pemasaran digital dengan merilis sebuah serial film pendek (web series) di situs miliknya, floridina.com.

Di setiap akhir episode dari serial web berjudul "F.O.G Mission" atau Floridina Origin Games Mission itu, penonton dapat ikut menentukan alur cerita yang diinginkannya. Seluruhnya akan ada 13 episode.

Alasan pemilihan model komunikasi pemasaran baru tersebut, menurut Group Head of Marketing Beverages Wings Food, Aristo Kristandyo, adalah untuk mennyeimbangi perkembangan dunia marketing yang menuntut pelaku bisnis untuk kian kreatif memenuhi kebutuhan konsumen dengan berbagai perubahan perilaku.

"Melihat tren perkembangan komunikasi digital yang sangat pesat, Floridina menerapkan cara baru berkampanye berupa web series dengan gamification dan penonton bisa memilihs endiri jalan cerita video yang ditontonnya," kata Aristo dalam peluncuran web series yang dikemas dalam workshop "Perkembangan Strategi Komunikasi Pemasaran Digital dan Praktiknya dalam Industri" di XXI Lounge Plaza Senayan pada Kamis (31/3).

tren komunikasi pemasaran

Dalam kesempatan tersebut, pakar komunikasi dari Universitas Indonesia Dr Hifni Alifahmi memaparkan salah satu tren komunikasi pemasaran yang akan datang adalah "narrative marketing/PR".

"Artinya, sebuah produk harus dipasarkan melalui sebuah penceritaan, ada cerita di balik pemasaran produk tersebut," kata Dr Hifni.

Sementara pakar media digital Robin Malau menyebutkan tren perkembangan digital dan media sosial 2016 di antaranya adalah terus berkembangnya dominasi ponsel dibanding desktop sebagai media untuk mengakses informasi internet.

"Selain itu, virtual reality juga akan terus berkembang, demikian juga dengan media streaming. Pada dominasi ponsel, media sosial Instagram dan aplikasi mobile masih akan terus mendominasi, demikian juga dengan e-commerce dan Snapchat," kata Robin.

Robin memaparkan, beberapa tahun terakhir, minat netizen menonton tayangan video di media sosial dirasa semakin meningkat. Indonesia, bahkan menempati peringkat kesembilan negara yang penduduknya paling lama ber-media sosial, dari 28 negara pengguna media sosial terbesar di dunia.

Minat netizen, menurut Robin, dalam menonton tayangan video, paling banyak didominasi oleh video-video lucu yang menghibur, disusul video berita, musik, video soal teman-teman dan keluarga, olahraga, pendidikan dan lain-lain.

"Kreativitas dan pemahaman mendalam bagaimana dunia digital bekerja adalah kunci utama untuk bertahan di industri," Robin menambahkan.

Sementara untuk media streaming, live streaming dan video di internet diprediksi akan terus berkembang drastis seiring dengan makin derasnya live stream di sosial media.

Oleh sebab itu, Aristo mengatakan, web series tersebut merupakan langkah awal Floridina untuk mengedepankan kreativitas. "Floridina akan terus mengajak konsumen, khususnya generasi muda untuk terus kreatif dan memaksimalkan potensi diri yang jelas asalnya dan jelas kualitasnya."

Web series bergenre action comedy dengan durasi sekitar lima hingga tujuh menit setiap episode-nya.

Dibintangi aktris Velove Vexia, Surya Lee, Ricky Wattimena dan Harold Pama, berkisah tentang empat orang sahabat yang diculik oleh mafia. Mereka harus melewati berbagai rintangan yang menguji kejelasan diri mereka untuk dapat keluar dari tempat penyekapan.

F.O.G Mission yang memiliki tagline "Pilihanmu akan menentukan nasib teman-temanmu" itu disutradarai oleh David Budiatmaja yang terkenal menggarap sejumlah iklan dan film-film pendek.

Salah seorang pemain web series, Ricky Wattimena mengatakan berperan dalam proyek tersebut merupakan sebuah hal baru baginya.

"Ini pertama kalinya saya main peran, karena basis saya kan stand up comedian, tapi seru sih. Jujur beberapa adegan sempat membuat saya ketakutan di sini, walaupun saya ini orang Ambon, tapi saya sebenarnya penakut," kata Ricky tertawa.

apresiasi jurnalis

Selain mengadakan workshop, Wings Corporation juga memberikan apresiasi bagi para jurnalis atas karya tulis dan karya foto tentang Wings beserta dengan semua produknya selama tahun 2015.

Penganugerahan Wings Journalist Award tersebut diselenggarakan mengundang jurnalis di seluruh Indonesia yang menjadi pemenang. Perlombaan terdiri dari kategori Best Content, Best Historical View / Cultural Content, Best Business Feature, Best Lifestyle Feature, Best Photo, Best Blog Writing.

ANTARA News berhasil menyabet juara kategori Best Content. Juri perlombaan sendiri dinilai oleh  praktisi jurnalisme yaitu Daru Priyambodo (Pemimpin Redaksi Tempo) dan Suwarjono (Ketua Aliansi Jurnalistik Independen).

"Pihak Wings sama sekali tidak ikut ambil bagian dalam penilaian supaya hasil penilaiannya obyektif, transparan, dan tidak ada unsur kepentingan apapun,” pungkas Aristo.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar