Singapura (ANTARA News) - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat Qualcomm Technologies memberi kesempatan kepada sejumlah perwakilan media di Asia Tenggara untuk mengulik keunggulan chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 820.

Qualcomm Snapdragon 820 menawarkan kelebihan terutama peningkatan grafis untuk memberikan pengalaman visual pengguna serta konektivitas yang mendorong penggunaan 4G LTE terutama di Asia Tenggara.

Jim Cathey Wakil Presiden Qualcomm Technologies sekaligus Presiden Bisnis Qualcomm Asia Pasifik dan India mengatakan Asia Tenggara memiliki populasi yang besar dan potensial untuk pengembangan pasar perangkat 4G.

"Populasi penduduk di Asia Tenggara sangat besar bahkan 60 persen dari populasi itu berusia di bawah 35 tahun. Diperkirakan perkembangan perangkat 4G akan tumbuh hingga 30 persen pada 2019," kata Cathey kepada wartawan di Singapura, Kamis.

Pada acara ini juga ditampilkan ponsel pintar yang menggunakan chipset Qualcomm antara lain LG G5, Cube T2, Borqs Polaris Tablet, Bkav Bphone, Asus Zenfone Max, Asus Zenfone Selfie, Letv Le Max Pro, Lenovo K5, HTC A9, Polytron Zap 6 Cleo, Oppo F1, dan Samsung S7.

Antara News yang berkesempatan mengikuti bedah keunggulan Qualcomm Snapdragon 820 merangkumnya sebagai berikut:

Konektivitas tinggi

Snapdragon 820 mencoba mendobrak kinerja 4G LTE dengan fitur New X12 LTE yang memungkinkan konektivitas dengan kecepatan LTE download hingga 600 Mbps dan multi-gigabit 802.11ad Wi-Fi.

"Snapdragon 820 X12 LTE mendukung hingga 600mbps download dan 150 mbps upload untuk meningkatkan pengalaman internet user," kata Shannedy Ong Direktur Senior dan Manajer Pengembangan Bisnis Qualcomm Southeast Asia Pasific saat menemani media mengamati fitur ini.

Fitur ini juga mendongkrak daya upload hingga 150Mbps atau meningkat 200persen dari seri Snapdragon 810.

Kecepatan konektivitas akan mendorong pengguna ponsel pintar berprosesor Snapdragon 820 untuk lebih mudah menikmati dan berbagi video maupun foto berukuran besar.

Peningkatan pengalaman visual

Snapdragon 820 memberikan pengalaman visual yang mendalam dengan kombinasi Adreno 530 GPU dan Kryo CPU yang membuat kinerja grafis menjadi lebih baik bagi pengguna yang gemar bermain game atau menikmati video.

Antara News mengamati kinerja device menggunakan Snapdragon 820 ternyata mampu memainkan game yang cukup berat dengan lancar serta grafis yang detail.

Layar pada ponsel yang menggunakan Snapdragon 820 juga tidak akan membuat mata kelelahan karena layar ponsel beradaptasi dengan cahaya secara otomatis untuk bertambah terang atau gelap.

Fitur Adreno Visual Display Processing juga meningkatkan ketepatan visual secara keseluruhan namun tetap menjaga konsumsi daya agar tetap hemat.
 
Capture Sharper


Qualcomm Snapdragon 820 menggunakan Spectra 14-bit dual image sinyal prosesor (ISP) yang memberikan gambar resolusi tinggi berkualitas DSLR.

Pada tayangan video yang ditampilkan kehadapan wartawan dan bloger, terlihat adanya tampilan yang lebih detail pada video dan foto yang menggunakan Snapdragon 820.

Fitur ini juga mampu melacak dan mengenali objek yang akan ditangkap kamera dengan lebih tepat dan detail.

Smart protect

Ponsel pintar saat ini bukan hanya sebagai alat penghubung namun juga media penyimpanan data termasuk media pembayaran online. Untuk itu prosesor Snapdragon 820 memberikan fitur keamanan ekstra berupa smart switch dan smart protect.

Smart switch memungkinkan pengguna ponsel berprosesor Snapdragon 820 mengunci ponselnya menggunakan PC dengan memasukan user name dan pin rahasia yang telah diatur sebelumnya.

"Ponsel akan terkunci dan kehilangan sinyal. Software dan hardware terkunci, jika dicuri tidak akan bisa dipakai meskipun di hard reset atau reboot," kata Shannedy Ong.

Sementara fitur Smart protect difungsikan untuk mendeteksi malware, aplikasi yang merusak dan menjaga data user dalam ponsel.

Fitur keamanan lainnya berupa Fingerprint ultra sonic biometric solution yang lebih detail sehingga tidak akan mengganggu kinerja kendati jari user terkena minyak, keringat, atau cairan lotion.

Suara jernih


Qualcomm Immersive Audio mengajak pengguna menikmati kedalaman suara video, film, dan game dengan Hifi Audio Playback. Fitur ini bekerja dengan segala jenis format audio kemudian menghasilkan 24bit 192khz sehingga memberikan output suara menjadi lebih jernih dan hidup.

Antara News yang mencoba menggunakan headset dan speaker terbuka pun merasakan perbedaan suara jika digunakan tanpa fitur ini. Suara dengan Qualcomm Immersive Audio terdengar lebih jernih, detail, dan hidup.

Quick Charge 3.0


Masalah pengguna ponsel pintar saat ini adalah cepatnya kehabisan daya karena penggunaan aplikasi yang bermacam-macam. Untuk itu Snapdragon 820 berinovasi dengan memberikan prosesor yang irit daya serta cepat dalam mengisi baterai.

Dengan Quick Charge 3.0, mengisi daya dari 0 sampai 80 persen hanya membutuhkan waktu 35 menit atau empat kali lebih cepat dari prosesor konvensional.

"Ada algoritma yang meningkatkan voltase di saat yang dibutuhkan sehingga bisa lebih cepat mengisi daya dari voltase minimal sampai 12 volt," kata Shannedy Ong.


Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016