Jambi (ANTARA News) - Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli, meminta peserta Ujian Nasional (UN) 2016 di wilayahnya untuk menjaga kesehatan, khususnya selama ujian diselenggarakan.

Hal tersebut dia katakan saat memantau langsung pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sistim manual dan berbasis komputer, di beberapa sekolah di provinsi itu, Senin.

Di dampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Rahmat Derita, Zola memasuki ruangan kelas SMKN 3 Kota Jambi dan melihat soal UN manual yang dikerjakan siswa.

"Kita berharap kesehatan siswa terjaga selama pelaksanaan UN, dan kita doakan anak-anak sukses menghadapi ujian nasional ini," kata Zola.

Saat memantau di SMAN 4, Zola mendapati satu siswa yang tengah mengikuti ujian nyaris pingsan. Zola yang melihat kondisi itu langsung menghampiri siswa tersebut, diketahui lemahnya fisik siswa karena belum sarapan pagi.

"Bukan sesuatu yang serius, tadi saya lihat siswa itu sudah mengerjakan soal sekitar 50 persen, kan tadi masih ada waktu dia tidak akan ketinggalan. Mungkin staminanya kurang fit," kata Zola.

Selain melihat langsung pelaksanaan UN dengan sistem manual, gubernur termuda itu juga memantau pelaksanaan UN sistim CBT salah satunya di SMAN 1 Kota Jambi.

"Memang belum semuanya sekolah melaksanakan UN CBT, kita terus lihat prosesnya seperti apa di Jambi. Dan itu menjadi bahan evaluasi kita ke depan," ujarnya.

"Yang jelas saya minta siswa persiapkan semuanya dengan maksimal, jaga kesehatan, lakukan ujian dengan jujur. Mencontek juga tidak ada gunanya karena soalnya berbeda-beda," katanya menambahkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Rahmad Derita mengatakan, peserta UN di Provinsi Jambi tahun 2016 sebanyak 42.000 siswa terdiri dari SMA dan SMK sederajat.

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016