Massachusetts (ANTARA News) - Shaquile ONeal, Allen Iverson, Tom Izzo, Yao Ming dan Sheryl Swoopers masuk Naismith Memorial Basketball Hall of Fame 2016 yang diumumkan Senin waktu AS.

Tidak hanya mereka, pemilik dan ketua Chicago Bulls Jerry Reinsdorf juga akan diabadikan, sedangkan sosok-sosok lain akan mendapat penghargaan yang antara lain adalah wasit NBA Darrell Garretsn, John McLendon, pelatih Afrika-Amerika pertama dalam bola basket profesional, dan mantan bintang Zelmo Beaty dan Cumberland Posey.

ONeal adalah mesin dunk bertinggi badan 2,16 meter yang tidak dapat dihentikan dengan 15 kali mengikuti All-Star NBA. Ia menjadi MVP untuk tiga Final NBA, merebut empat gelar NBA, dan MVP NBA pada 2000. Ia adalah salah satu dari bintang-bintang pertama yang meraih sukses di luar basket dengan menjadi bintang iklan dan tampil di layar lebar.

Iverson adalah point guard yang rata-rata mencetak 26,7 poina meski hanya bertinggi badan 1,82 meter. Pemain yang 11 kali mengikuti All-Star NBA serta berjuluk "The Answer" ini adalah pilihan nomor satu dalam draft 1996. Ia kemudian menjadi rookie terbaik, memenangi empat gelar pencetak poin dan menjadi MVP NBA 2001, memimpin Sixers ke Final NBA yang harus kalh dari Lakers yang saat itu diperkuat ONeal.

Izzo memenangi gelar nasional di Michigan State pada 2000, memimpin Spartans ke tujuh Final Four, dan mendulang 524 kali menang sepanjang karirnya sejak menjadi pelatih kepala Michigan State pada 1995.

Swoopes adalah pemain pertama yang dikontrak di WNBA, dan memenangi tiga penghargaan MVP dan empat gelar WNBA.

Ming, pilihan nomor satu Houston Rockets pada 2002 dan center menjulang tinggi 2,31 meter yang dikenal karena membuka pintu bagi bintang-bintang internasional berkarir di NBA.

Karir Ming berakhir lebih dini karena cedera pada kakinya. Dia rata-rata menciptakan 19 poin, 9,2 rebound, dan 1,9 blok pada setiap satu perandingan dalam delapan musim, namun hanya bermain lima kali pada dua musim terakhirnya.

Reinsdorf adalah pemilik Chicago White Sox, namun lebih populer berkat tindakannya mendongkrak Bulls menjadi pemenang yang konsisten sepanjang tim itu mengandalkan duo Michael Jordan dan Phil Jackson. Bulls enam kali menjuarai NBA pada 1990-an.

Garretson adalah wasit NBA selama 27 tahun dan menghabiskan 17 tahun sebagai ketua perwasitan di liga, demikian Reuters.

Seremoni masuknya mereka ke Hall of Fame akan diselenggarakan pada 9 September nanti di Springfield, Massachusetts.

(H-RF/A020)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016