New York (ANTARA News) - Sebelum mengenalkan Donald Trump kepada sejumlah wakil rakyat dari Partai Republik di kantor firma hukum Jones Day di Washington, Senator Jeff Sessions sejenak memperkenalkan orang yang dia sebut berjasa dalam kesepakatan-kesepakatan di belakang layar.

Orang itu adalah Jared Kushner, investor dan pemilik surat kabar yang masih berusia 35 tahun. Inilah orang yang bulan lalu meyakinkan khalayak bahwa Trump akan banyak mendapatkan sekutu di Capitol Hill, rumah wakil rakyat AS.

Kushner adalah juga menantu Trump setelah pria itu menikahi anak perempuan Trump, Ivanka, pada 2009.

Pengusaha real-estate seperti mertuanya, Kushner adalah salah satu dari sangat sedikit penasihat Trump untuk kampanyenya menjadi kandidat presiden dari Republik pada Pemilu 8 November nanti.

Penganut Yahudi Ortodoks yang istrinya masuk Yahudi sebelum menikah, Kushner dan keluarganya punyai koneksi ke Israel.

Bersama ayahnya yang juga pengusaha real-estate terkenal, Kushner masuk daftar laporan 2015 dari kelompok pelobi Yahudi utama American Israel Public Affairs Committee (AIPAC) sebagai donator yang memberikan paling sedikit 36.000 dolar AS untuk grup pelobi Israel-AS ini.

Dua tahun lalu orang tua Kushner menyumbangkan 20 juta dolar AS untuk sebuah fakultas kedokteran di Yerusalem yang kini diberi nama dengan nama mereka.

Mungkin berkat koneksi Kushner ini, Trump bakal menjadi pendukung paling setia Israel yang beberapa waktu belakangan ini sering memojokkan Palestina, di antaranya meminta Palestina berhenti membenci Israel.  Tidak itu saja, seperti Israel, Trump juga tidak mempercayai Iran yang dikritiknya kabar buruk bagi Israel.

Kushner, yang istrinya melewatkan liburan keluarga bersama pemilik News Corp (NWSA.O) Rupert Murdoch dan bekas istrinya Wendi Deng, sukses menenangkan Murdoch ketika Trump mengkritik presenter Fox News Channel Megyn Kelly.

Kendati menjadi tokoh di belakang layar yang paling berpengaruh terhadap Trump, Kushner tetap berusaha low profile, sampai kemudian mertuanya memanggil dia maju ke panggung sewaktu kampanye di South Carolina November tahun silam.

"Mana Jared? Jared ke sini," kata Trump saat itu seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016