Dengan paket-paket kebijakan ekonomi, kita berharap industri seperti ini terus berekspansi dan meningkatkan produksi seiring bisnis kuliner serta pariwisata global dan domestik yang berkembang pesat."
Jakarta (ANTARA News) - Produk-produk perkakas dan peralatan dapur premium yang diproduksi di Indonesia semakin diakui oleh konsumen internasional, baik dari segi kualitas, higienitas hingga tingkat presisi yang tinggi menjadi keunggulan kompetitif.

Menteri Perindustrian Saleh Husin menegaskan hal itu saat mengunjungi perusahan produsen perkakas memasak dan peralatan dapur Nayati di Waterloo, dekat Brussel, Belgia.

"Industri ini termasuk industri yang memiliki kekhususan karena penggunanya utama meliputi jaringan hotel dan restoran. Ketika mampu memasarkan hingga ekspor, sudah pasti produk-produknya dipercaya konsumen yang menerapkan standar tinggi," kata Saleh melalui siaran pers diterima di Jakarta, Selasa.

Industri peralatan dapur dan restoran, lanjut Saleh, turut meningkatkan nilai tambah, menyerap tenaga kerja terlatih dan terdidik serta menambah devisa negara.

Selain itu, berkontribusi memperkuat kepercayaan investor, pembeli dan pengguna pada produk nasional.

"Dengan paket-paket kebijakan ekonomi, kita berharap industri seperti ini terus berekspansi dan meningkatkan produksi seiring bisnis kuliner serta pariwisata global dan domestik yang berkembang pesat," ulas Saleh.

Di Indonesia, Nayati telah membangun pabrik pertama di kawasan industri Terboyo, Semarang dan beroperasi sejak 1985, dua tahun setelah perusahan ini didirikan pada 1983.

Menurut Michel Rozman, CEO Nayati, luas pabrik mencapai 17 ribu meter persegi dan mereka berencana membangun pabrik baru yang dapat melipatgandakan kapasitas produksi.

Rentang produk Nayati terbilang lebar dari menyasar kelas premium, di mana salah satu produk unggulannya adalah peralatan memasak untuk teppanyaki yang digunakan restoran Jepang di hotel-hotel berbintang penjuru dunia.

Mereka juga menghasilkan perkakas memasak Chinese Serie, Oriental Serie, pasta station, kitchen block, fryer, tilting pan dan combi steamer. Nayati juga memproduksi lemari pendingin, glass cabinet dan kotak penyimpanan bahan makanan berkapasitas besar.

"Satu hal yang istimewa, konsumen kami yang merupakan hotel dan restoran menilai produk perkakas memasak dari Indonesia memiliki image atau citra yang terpercaya baik dari sisi mutu dan higienitas dibanding produk sejenis asal China," kata Rozman.

Ia menambahkan, unsur higienitas dan keamanan produk mendapat perhatian utama dari pengguna produk ini.

Dia merinci, jaringan hotel yang menggunakan produk Nayati antara lain Ritz Carlton, Hyatt, Novotel, JW Marriot dan Grand Sahid Jaya. Sementara itu restoran cepat saji ialah Pizza Hut, KFC, Dunkin Donuts, AW, BreadTalk dan lain-lain.

Nayati sendiri mengekspor produknya ke sekitar 30 negara, di antaranya Perancis, Jerman, Belgia, Italia, Belanda, Swedia, Swiss dan Inggris.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Handry Musa
Copyright © ANTARA 2016