Telkom dan eBay akan suntikkan 25 juta dolar untuk blanja.com

Telkom dan eBay akan suntikkan 25 juta dolar untuk blanja.com

e-Commerce blanja.com (ANTARA News/blanja.com)

Jakarta (ANTARA News) - Telkom Metra bersama eBay akan menyuntikkan dana segar 25 juta dolar AS untuk membesarkan layanan e-Commerce usaha patungannya blanja.com di tengah persaingan yang semakin ketat.

Dalam penambahan modal blanja.com itu, Telkom Metra berkontribusi 15 juta dolar atau 60 persennya, sedangkan eBay 40 persennya atau sekitar 10 juta dolar AS, kata Presiden Direktur Telkom Metra Teguh Wahyono di Jakarta, Rabu.

"Kita suntik tahun ini," ucapnya.

Dengan suntikan dana segar itu diharapkan blanja.com bisa mengubah strategi lebih agresif mengingat potensi e-Commerce Indonesia yang terus tumbuh dan berkembang serta sistem yang semakin siap.

"Kalau kemarin kita less aggressive (kurang agresif) karena merasa industri ini belum terlalu siap, sistemnya belum siap. Kita melihat sekarang industri ini sudah mulai tumbuh untuk itu spend (belanja) kita lebih besar," tuturnya.

Meksipun suntikan dana dirasa masih jauh lebih kecil dari para kompetitor besar yang ada seperti Tokopedia dan Lazada, ia mengklaim blanja.com memiliki keunggulan dibandingkan dengan e-Commerce lainnya.

Blanja.com secara perusahaan terafiliasi dalam perusahaan telekomunikasi yang juga memiliki operator selular Telkomsel. Hal ini, menurut dia, dapat dimanfaatkan sebagai saluran distribusi langsung ke pengguna.

"Kalau Telkom sudah punya Telkomsel, 150 juta (pelanggan) mestinya lebih mudah, kalau yang lainkan semuanya harus B to B (antarperusahaan), kalau Telkom punya distribution channel harusnya lebih mudah dan lebih hemat," ujarnya.

Ia menambahkan, keberadaan blanja.com adalah untuk menguatkan posisi Telkom.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar