Pekan depan saya ke Inggris bersama Presiden Joko Widodo, menandatangani nota kesehapahaman pendirian industri perikanan di Sampolawa tersebut."
Batauga, Sultra (ANTARA News) - Pemerintah Inggris berencana mendirikan industri perikanan di wilayah Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Rencana Pemerintah Inggris mendirikan industri perikanan di Sampolawa tersebut disampaikan Penjabat Bupati Buton Selatan HM Faisal di Batauga, Minggu.

"Pekan depan saya ke Inggris bersama Presiden Joko Widodo, menandatangani nota kesehapahaman pendirian industri perikanan di Sampolawa tersebut," katanya.

Untuk kepentingan industri perikanan tersebut, kata dia, Pemerintah Inggris membutuhkan lahan seluas 100 hektare.

Lahan seluas itu, kata dia, telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Buton Selatan di wilayah Sampolawa.

"Mengawali pendirian industri perikanan itu, tahun ini Pemerintah Inggris memberikan bantuan pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS berkapasitas 20 megawatt," katanya.

Menurut dia, Pemerintah Inggris kepada Buton Selatan tersebut merupakan bagian dari kerja sama antara Pemerintah Inggris dan Pemerintah Indonesia.

Pemerintah Inggris memberikan bantuan PLTS berkapasitas 20 MW tersebut, kata dia, selain untuk mendukung industri perikanan yang akan dibangun Pemerintah Inggris di Buton Selatan, juga untuk mendukung investor yang berminat menanamkan modalnya di Buton Selatan, terutama investor yang bergerak di bidang industri perikanan.

"Selain itu, juga untuk mengatasi kebutuhan energi listrik bagi masyarakat Buton Selatan yang selama ini masih kekurangan," katanya.

Dengan pembangunan PLTS di Buton Selatan itu, kata dia, maka para investor yang ingin mendirikan industri terutama industri perikanan di Buton Selatan, tidak kesulitan lagi dengan energi listrik.

Menurut dia, wilayah Buton Selatan yang sebagian besar terdiri dari wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil memiliki potensi perikanan yang cukup melimpah.

Berbagai potensi perikanan di Busel kata dia, antara lain ikan tuna, cakalang, ikan putih, ikan sunu dan lain-lain.

"Khusus ikan tuna, berdasarkan hasil penelitian, di perairan laut Buton Selatan potensinya terbesar di Sultra," katanya.

Pewarta: Agus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016