... ada rencana relokasi, lantas apakah lingkungan barunya mendukung? Sekolahnya, pekerjaannya? Jangan sampai memunculkan permasalahan lain yang lebih kompleks...
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, prihatin atas kerusuhan dalam pembongkaran dan penggusuran pemukiman warga di Kampung Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (11/4).

"Resistensi dari warga menunjukkan ada proses komunikasi yang buruk antara pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan warga. Pembongkaran itu kebijakan yang sangat sensitif, pemerintah Provinsi DKI Jakarta jangan sampai arogan dalam pendekatannya," katanya, di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, harus dilihat apakah sudah ada tindakan yang adil yang diterima 4.929 jiwa atas penggusuran tersebut. 

Dia menilai, resistensi muncul karena ada ketidakadilan dan komunikasi yang buruk sehingga penggusuran jelas melukai hati rakyat. "Jika ada rencana relokasi, lantas apakah lingkungan barunya mendukung? Sekolahnya, pekerjaannya? Jangan sampai memunculkan permasalahan lain yang lebih kompleks," ujarnya.

Wakil Ketua DPP Partai Gerindra itu menilai, tugas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang saat ini dipimpin Basuki Purnama dan akan maju lagi pada Pilkada DKI Jakarta 2017, adalah menurunkan kemiskinan. 

"Kalau begini maka bisa jadi bukan menggusur kemiskinan tapi menggusur rakyat miskin," katanya. 

Cara pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dipimpin Purnama alias Ahok, dia nilai juga berlebihan. Tidak kurang 4.128 personel gabungan Satuan Polisi Pamong Praja, Polda Metro Jaya, hingga Kodam Jaya juga diturunkan. 

Fadli menekankan pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus jelaskan secara rinci rencana kompleks bangunan yang akan dibangun di bekas lokasi itu.

"Kampung Luar Batang salah satu perkampungan tertua di Jakarta, banyak dimensi budaya di sana. Sehingga pemkot Jakarta seharusnya mengkaji lebih komprehensif," ujarnya.

Menurut dia, jangan sampai ada situs budaya yang hancur dan warga yang terampas hak hak dasarnya atas pembongkaran ini. 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016