Jakarta (ANTARA News) - Sebeuh perusahaan taksi terbesar di Jakarta, PT Blue Bird Tbk menurunkan tarif dasar taksi untuk buka pintu maupun per kilometer mulai 16 April 2016.

"PT Blue Bird menurunkan tarifnya sekitar 15 persen," kata Ketua Organisasi Angkatan Darat (Organda) DKI Jakarta Shafruhan Sinungan di Jakarta Sabtu.

Shafruhan menyatakan penurunan tarif itu untuk armada taksi reguler di area Jabodetabek dengan penyesuaian buku pintu dari Rp7.500 menjadi Rp6.500 dan tarif per Km dari 4.000 per Km menjadi Rp3.500 per Km.

"Sedangkan tarif waktu tunggu dari Rp48 ribu per jam menjadi Rp42 ribu per jam," ujar Shafruhan.

Lebih lanjut, Shafruhan menyebutkan penyesuaian tarif taksi mengikuti penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) dan sesuai anjuran pemerintah.

Ketua Organda DKI tersebut menuturkan tarif taksi reguler melalui proses uji "TERA" yang melibatkan organda, dinas perhubungan dan dinas perdagangan.

"Hal itu sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen," ujar Shafruhan.

Sebelumnya, pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak subsidi jenis premium dan solar mulai 1 April 2016.

Harga BBM premium Rp6.950 per liter menjadi Rp6.450 per liter dan solar Rp5.650 menjadi Rp5.150.

Pemerintah berupaya mempertahankan harga BBM subsidi tersebut hingga enam bulan mendatang dengan evaluasi setiap tiga bulan sekali dan berharap tidak terpengaruh perubahan harga minyak dunia.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016