Semarapura (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Klungkung serius menggarap program city tour Desa Wisata Kamasan, sebagai langkah pelestarian adat dan budaya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Minggu, menyatakan tahun 2016 Pemerintah Kabupaten Klungkung serius menggali potensi daerah melalui city tour Desa Wisata Kamasan.

"Ini erat kaitannya dengan misi Pemerintah Kabupaten Klungkung tentang pelestarian adat dan budaya. Semoga Desa Kamasan bisa menjadi desa wisata yang kita harapkan," ujar Bupati Suwirta.

Sebelumnya, rencana menjadikan Desa Wisata Kamasan dalam program city tour, terungkap dalam rapat presentasi CV Karya Pratama dengan Pemkab Klungkung yang berlangsung di ruang rapat bupati.

Hadir pada rapat tersebut, Sekda Klungkung Putu Gede Winastra, Kepala Bappeda Klungkung I Wayan Wasta dan instansi terkait.

Agung Sutrisna dari CV Karya Pratama dalam paparannya menyampaikan, pertemuan ini memiliki maksud untuk menyusun rencana kegiatan yang berkaitan dengan Desa Wisata Kamasan. Meliputi aspek, destinasi, kelembagaan industri dan pemasaran desa wisata.

"Semua itu bertujuan untuk mengembangkan potensi unggulan dari desa wisata," ujarnya.

Tujuan mewujudkan desa wisata ini, menurut Sutrisna, perlu dilakukan identifikasi permasalahan mengenai kelemahan atau tantangan, memetakan potensi dan keunggulan komponen internal dan eksternal yang dapat mendorong pembangunan desa wisata.

Pewarta: Vivi Suryani dan Gembong Ismadi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016