counter

Gubernur Jateng terkejut lihat Kalimas Surabaya bersih

Gubernur Jateng terkejut lihat Kalimas Surabaya bersih

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Surabaya (ANTARA News) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku terkejut melihat Sungai Kalimas Surabaya yang bersih.

"Ternyata sungainya bersih ya? Bahkan bisa dipakai berlatih dayung," ujarnya saat meninjau Kalimas yang berada di belakang Gedung Negara Grahadi, bersama Gubernur Jatim Soekarwo setelah menghadiri peluncuran Kongres Sungai Indonesia II tahun 2016 di Surabaya, Selasa

Anggota DPR RI periode 2009-2013 tersebut bahkan membandingkannya dengan sungai di Jakarta yang dinilainya kurang bersih.

"Kalau di Jakarta airnya cukup bau, tapi kalau di Surabaya ini sangat bersih dan tidak bau? Tapi apa mungkin karena saya pilek ya sehingga tidak terasa baunya?," ujarnya disambung tawa.

Menurut dia, sungai seperti Kalimas layak dijadikan contoh karena fungsinya tidak hanya sebagai sumber air bersih dan air minum, tetapi juga menjadi jalur transportasi.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga ekosistem sungai sekaligus menjadikannya sebagai budaya yang harus digelorakan

Sementara itu, Gubernur Jatim Soekarwo menilai peran sungai sangat penting sebagai unsur siklus hidrologi.

"Fungsi lainnya yakni irigasi, transportasi, budi daya perikanan dan sumber energi yang jika dikembangkan secara optimal akan mendukung kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kongres Sungai Indonesia II akan dilaksanakan di Bendungan Selorejo Kabupaten Malang pada 20-24 Agustus 2016.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Ganjar imbau masyarakat petakan potensi bencana di musim hujan

Komentar