Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan akan membuka pertemuan ke-26 International Conference of ASEAN Political Parties (ICAPP) di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, pada Jumat (22/4) malam.

Standing Committee ICAPP dari Indonesia, Theo L Sambuaga dan Andreas Hugo Pareira menjelaskan, di Jakarta, Selasa, pertemuan ICAPP ke-26 akan membahas sejumlah agenda antara lain, soal pemerintahan yang baik, perubahan iklim, maupun pemberantasan terorisme dan narkoba.

Menurut Theo Sambuaga, pembicaraan dalam forum resmi ICAPP akan membahas secara global setiap isu yang diagendakan, sasarannya sebagai perjuangan partai politik di setiap negaranya dalam memperjuangkan isu
tersebut.

ICAPP yang dibentuk di Manila pada 2000, kata Theo, adalah organisasi kerja sama partai-partai politik dari negera-negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, yang sasarannya untuk menciptakan situasi damai berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan.

Theo menjelaskan, pertemuan ke-26 ICAPP akan menampilkan pembicara utama yakni Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Kemudian, ketua umum sembilan partai politik lainnya menjadi pembicara utama pada tiga sesi lainnya, antara lain, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Selain itu, kata dia, Ketua DPR RI Ade Komarudin serta Ketua MPR RI Zulkifli Hasan juga akan menjadi pembicara.

Menurut dia, pada akhir pertemuan akan diperingati 61 tahun kegiatan Konferensi Asia Afrika di Bandung.

Sementara itu, Andreas Hugo Pareira mengatakan, ICAPP beranggotakan politisi dari sekitar 250 partai politik dari tiga benua.

Menurut dia, peserta ICAPP yang akan hadir di Indonesia ada sebanyak 95 orang dari 48 partai politik dari 32 negara.

(T.R024/B/J003/C/J003) 19-04-2016 16:51:37

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016