Jakarta (ANTARA News) - Sutrada perempuan asal Indonesia Natasha Dematra meraih penghargaan sebagai Sutradara Pendatang Terbaru Terbaik 2016 dalam ajang American Movie Awards melalui film "Tears of Ghost".

Damien Dematra Production melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis menyebutkan, Natasha sekaligus memecahkan rekor sebagai sutradara perempuan Asia pertama yang berhasil mendapatkan predikat tersebut sejak ajang tersebut dimulai pada 1980.

"Saya mempersembahkan penghargaan ini kepada kaum perempuan di seluruh dunia terutama Indonesia. Saya berharap penghargaan ini dapat menginspirasi seluruh perempuan untuk terus berkarya," kata gadis yang mendapat rekor dari Museum Rekor Indonesia sebagai Sutradara Perempuan Termuda di Dunia.

Film "Tears of Ghost" dibuat Nathasa saat berumur 15 tahun dan selesai pada usia 17 tahun, dan ia telah melanglang buana sejak Juni 2015 ke berbagai festival internasional.

"Tears of Ghost" berkisah tentang seorang arsitek muda yang sedang mengerjakan sebuah proyek kuliahnya lewat sebuah rumah baru setengah jadi yang ternyata menyimpan banyak rahasia gelap.

Selain menyutradari, Natasha juga turut membintangi film yang memperoleh penghargaan sebagai Film Terbaik pada Award of Merit dan tiga penghargaan untuk kategori Pemeran Utama Terbaik, Editor Terbaik dan Sutradara Terbaik dari International Independent Film Awards.

Bintang-bintang lain yang turut berperan di film ini antara lain Ageng Kiwi, Abah Ukam, Pagitha Ross, Herdi Bagus dan Rona Aronna.

Pewarta: Subagyo
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016