Caracas (ANTARA News) - Kejaksaan Venezuela mendakwa pengusaha setempat Josmel Velasquez dengan tuduhan pencucian uang dan keterkaitannya dengan kejahatan sebagai bagian dari investigasi menindaklanjuti laporan media mengenai bocoran dokumen dalam Panama Papers.

Laman internet lokal Armando.info melaporkan bulan ini bahwa saudara Velasquez bernama Adrian, mantan pembantu dekat mendiang Presiden Hugo Chavez, telah membuka sebuah perusahaan cangkang di Republik Seychelles dengan mengeluarkan dana 50.000 dolar AS.

Laporan laman ini didasarkan pada dokumen-dokumen yang dibocorkan dari firma hukum Panama Mossack Fonseca.

Jaksa menahan Josmel Velasquez dan ibunya Amelis Figueroa Jumat pekan lalu di sebuah bandara di luar kota Caracas setelah keduanya berusaha meninggalkan Venezuela.

Menurut kejaksaan, penggeledahan ke kediaman keluarga itu mendapati mobil-mobil mewah, sepeda motor mewah dan sertifikat-sertifikat berlian.

Belum ada komentar dari keluarga Velasquez.

Konsorsium Wartawan Investigatif Internasional ICIJ menguasai 11,5 juta dokumen rahasia berisi informasi tentang 214.000 perusahaan offshore yang didirikan Mossack Fonseca yang melukiskan bagaimana orang-orang kaya dan perusahaan-perusahaan menyembunyikan assetnya dari kejaran negara dan demi menghindari pajak di negeri asal, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016