Frankfurt (ANTARA News) - Bank Sentral Eropa (ECB) pada Kamis memutuskan untuk mempertahankan tiga suku bunga utama untuk kawasan euro tidak berubah, setelah pertemuan dewan gubernur.

ECB juga mengumumkan rincian dari program pembelian sektor korporasi (CSPP), lapor Xinhua.

Kondisi pembiayaan luas di kawasan euro telah membaik sejak tindakan-tindakan lebih lanjut, termasuk perluasan program pembelian aset, yang diadopsi oleh ECB bulan lalu untuk memperkuat stimulus moneter di kawasan euro, menurut Presiden ECB Mario Draghi pada konferensi pers di Frankfurt .

Draghi mengatakan bahwa ketidakpastian global, khususnya risiko penurunan ekonomi global dan risiko geopolitik, terus-menerus menekan kawasan euro, meskipun pelonggaran moneter mendukung konsumsi serta investasi dengan meningkatkan kondisi pembiayaan secara keseluruhan.

Meskipun tingkat inflasi meningkat moderat dari teritori negatif kembali ke nol pada Maret, "tingkat inflasi bisa berubah negatif lagi dalam beberapa bulan mendatang sebelum meningkat di paruh kedua 2016," kata presiden ECB, atas dasar harga berjangka saat ini untuk energi.

Selain itu, Draghi menegaskan perlunya mempertahankan derajat (ukuran) yang tepat dari akomodasi moneter dalam rangka untuk menjamin kembalinya tingkat inflasi ke arah tingkat target tanpa penundaan.

Sebagai respon terhadap kritik tertentu dari Jerman tentang efek suku bunga negatif, Draghi mengatakan, "kami memiliki mandat untuk mengejar stabilitas harga bagi seluruh zona euro, tidak hanya untuk Jerman."

Dewan Gubernur dengan suara bulat mempertahankan independensi ECB, tambahnya.

Pada Maret, ECB memutuskan untuk menerapkan langkah-langkah stimulus moneter lebih lanjut termasuk memotong tiga suku bunga utama dan memperluas pembelian aset bulanan sebesar 20 miliar euro (22,6 miliar dolar AS) menjadi 80 miliar euro.

Selain itu, ECB juga membawa obligasi euro "investment grade" (layak investasi) yang diterbitkan oleh perusahaan-perusahaan non-bank ke dalam program pembelian aset, serta melakukan serta melakukan serangkaian baru operasi refinancing jangka panjang yang ditargetkan.

Menurut rincian CSPP yang dirilis pada Kamis, pembelian akan dimulai pada Juni 2016 dan dilakukan oleh enam bank sentral nasional serta dikoordinasikan oleh ECB.
(T.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016