Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PDIP Megawati Soekarnoputri mengajak semua partai politik di negara mana pun untuk bekerja sama dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat sebagai muara dari perjuangan semua partai politik di manapun.

"Kesejahteraan rakyat haruslah menjadi muara perjuangan dari parpol di negara mana pun," kata Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri pada pembukaan Konferensi Internasional Partai Politik Asia (International Conference of Asian Political Parties/ICAPP) ke-26, di gedung DPR/MPR/DPD Senayan Jakarta, jumat.

Pembukaan dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua DPR Ade Komarudin, Ketum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie, Menko PMK Puan Maharani dan pimpinan parpol lainnya serta ratusan pimpinan parpol Asia.

Lebih lanjut Megawati menegaskan kesejahteraan tak akan tercapai tanpa tumbuh suburnya demokrasi.

"Kerja sama parpol antarnegara sebagai sesuatu keniscayaan," kata Megawati.

Megawati juga menjelaskan 61 tahun lalu di Bandung telah berlangsung Konferensi Asia Afrika (KAA) dirumuskannya piagam perjuangan Dasa Sila Bandung. Dari situlah menggelorakan perjuangan kemerdekaan bangsa-bangsa di dunia.

"Sekarang sudah sepatutnya menggelorakan pembebasan dari kapitalisme dunia dengan kedok ekonomi, kebebasan dan sebagainya," kata Megawati.

Konferensi akan berlangsung dari tanggal 22-23 April 2016 dengan tema "The Role of Political Parties in Enhancing Democracy for the Benefit of Peoples Welfare" dan dihadiri oleh 95 peserta mewakili 48 parpol dari 32 negara.

Pewarta: Jaka Suryo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016