Bandung (ANTARA News) - Perguruan Bandung Karate Club (BKC) mencatatkan rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI) yakni melakukan gerakan kata massal secara serentak diikuti ribuan anggotanya di seluruh Indonesia, Minggu.

Pemecahan rekor gerakan kata satu secara serentak itu dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Guru BKC Iwa Rahadian Arsanata yang dilakukan di Halaman Gedung Sate Kota Bandung.

Hadir pada kesempatan itu Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan yang juga Dewan Kehormatan BKC, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, tokoh perempuan Jabar H yang juga anggota DPR Popon Otje Djundjunan serta Anggota Majelis Sabuk Hitam serta anggota BKC dari seluruh Jawa Barat.

Selain itu hadir pula perwakilan dari Kedutaan Besar Jepang yang turut menyaksikan kegiatan perguruan karate itu.

Pemecahan rekor yang digelar dalam rangka Syukuran Ulang Tahun ke-50 atau Ulang Tahun Emas BKC tersebut berlangsung pukul 10.00 WIB secara serentak di depan gedung yang menjadi ikon di Jawa Barat itu.

"Pemecahan rekor berlangsung lancar pukul 10.00 WIB secara serentak diikuti oleh seluruh anggota BKC dari seluruh Indonesia, di Bandung sendiri diikuti oleh 3.000 peserta," kata Majelis Sabuk Hitam BKC Toto Herwanto.

Kemudian kegiatan pemecahan rekor itu ditayangkan langsung menggunakan jejaring dan media sosial dari sejumlah daerah di Indonesia.

Selain itu, kegiatan syukuran Ulang Tahun Emas BKC itu diwarnai dengan aksi demonstrasi para atlet BKC mulai dari gerakan, pemecahan hingga beberapa gerakan olah pernapasan.

Puncaknya, Ketua Dewan Guru BKC Iwa Rahadian melakukan demonstrasi dihadapan pada anak didiknya yakni olah pernapasan. Guru utama BKC itu didorong oleh sejumlah muridnya, namun dengan olah pernapasan perguruan itu para penyerangnya terjungkal.

"Beliau memberikan spirit bagi para muridnya untuk terus berlatih, salah satunya ia memperlihatkan olah napas yang dikembangkan perguruan," kata Bidang Pertandingan BKC Komarudin.

Sementara itu, puncak peringatan Ulang Tahun Emas BKC akan digelar di GOR Padjadjaran Kota Bandung pada 22 Juni 2016 mendatang yang diikuti oleh perwakilan anggota perguruan itu dari seluruh Indonesia.

Sebelumnya pada sejak 19 Juni, akan digelar Gashuku di padepokan utama perguruan BKC di Ciparay Kabupaten Bandung. Perguruan itu didirikan oleh Iwa Rahadian Arsanata pada tahun 16 Juni 1966.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016