Pangkalpinang (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau warga mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir pada Senin (25/4).

"Hujan sedang hingga lebat disertai petir akan terjadi pada daratan di Pulau Bangka dan Belitung di bagian barat," kata staf Koordinator Unit Analisis BMKG Pangkalpinang, Evi Diana Prihatiningsih, Minggu

Rata-rata kecepatan angin berkisar antara 6-20 kilometer per jam dengan suhu udara 24-32 derajat Celcius dan kelembaban udara 65-100 persen.

Arah angin di daratan Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, dan Kota Pangkalpinang berembus dari Utara ke Timur, sedangkan Kabupaten Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur berembus dari Timur ke Selatan.

Sementara itu, kata dia, tinggi gelombang signifikan perairan di jalur penyeberangan Selat Bangka berkisar 0,25 meter, di Selat Gelasa dan Utara Bangka masing-masing berkisar 0,5 meter dan di Selatan Bangka serta Selat Karimata berkisar 1 meter.

"Ketinggian gelombang maksimum di seluruh perairan itu dapat mencapai dua kali dari ketinggian gelombang signifikan. Ketinggian gelombang laut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung arah dan kecepatan angin," ujarnya.

Selanjutnya pasang air laut di Membalong Kabupaten Belitung 2,20 meter, di Toboali Bangka Selatan 1,95 meter, di Sungailiat Bangka 2,07 meter, di Kelapa Kampit Belitung Timur 1,75 meter.

Kemudian di Tanjungpandan Belitung1,42 meter, di Belinyu Bangka 1,43 meter, dan di Mentok Bangka Barat 1,61 meter.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016